FarmaLab Pastikan 14 Orang Terpapar Omicron Bertugas di Bandara Soetta

Mereka bertugas di divisi yang berbeda

Tangerang, IDN Times - FarmaLab, selaku penyelenggara tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) memastikan 14 orang yang terpapar Omicron bertugas di Terminal 3 Bandara Internasional Soetta. 

"Ada 11 admin, mereka ini garda terdepan kita. Begitu penumpang (internasional) tiba, ke meja admin, dan 3 swabber yang terpapar, seluruhnya tengah bertugas di area screening test di Terminal 3," tutur MA Gunawan, Manager Whole Sales Farma Lab, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: Diduga Terpapar Penumpang, 2 Petugas Bandara Soetta Positif Omicron

1. Otoritas Bandara memastikan, seluruh petugas menggunakan APD lengkap saat bertugas

FarmaLab Pastikan 14 Orang Terpapar Omicron Bertugas di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Gunawan pun memastikan, bila belasan pegawai FarmaLab tersebut saat bertugas menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Namun memang, 14 petugas ini tinggal dalam satu mess," jelasnya. 

2. Diketahui dari skrining rutin tiap dua pekan

FarmaLab Pastikan 14 Orang Terpapar Omicron Bertugas di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Gunawan mengatakan, penemuan petugas yang terpapar Omicron skrining rutin tiap dua pekan. Dalam proses skrining rutin itu, seluruh petugas yang berjaga di terminal kedatangan ataupun keberangkatan internasional wajib memeriksakan diri.

Pada skrining tanggal 31 Desember 2021, diketahui bila petugas yang berada di mess tersebut seluruhnya terpapar COVID-19 varian Omicron. 

"Jadi kemarin pada tanggal 31 (Desember) itu kita lakukan skrining. Begitu skrining, ternyata terdapat 14 tim kami yang terpapar," tutur Gunawan.

3. Masih selidiki asal mula paparan Omicron tersebut

FarmaLab Pastikan 14 Orang Terpapar Omicron Bertugas di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hingga kini, lanjut Gunawan, pihaknya masih terus menyelidiki asal muasal para petugas tersebut bisa terpapar varian Omicron.

"Termasuk melakukan tracing kepada keluarga dan petugas lain yang bekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," papar Gunawan.

Baca Juga: 6 Kasus Omicron Transmisi Lokal, Menkes: Ada Anak Diplomat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya