Jepang Sumbang 998.400 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

Vaksin dikirim langsung menggunakan Japan Airlines

Tangerang, IDN Times - Indonesia kedatangan 998.400 dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan sumbangan dari Pemerintah Jepang. Vaksin tersebut dibawa dengan menggunakan pesawat Japan Airlines dan mendarat sekitar pukul 16.40 WIB di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (1/7/2021).

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menuturkan, pengiriman kali ini merupakan batch pertama dari dua batch pengiriman vaksin oleh Pemerintah Jepang. 

"Saya percaya bahwa bantuan ini bukan dilatarbelakangi oleh hal lain selain kedekatan antar bangsa," kata Menkes melalui siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021). 

Baca Juga: Indonesia Kembali Kedatangan Vaksin Tahap 18

1. Hasil perundingan diplomasi sejak 10 Juni 2021

Jepang Sumbang 998.400 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaIDN Times/Dok. Tangkap Layar Youtube

Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar menuturkan, adanya vaksin dari Jepang ini merupakan bentuk perundingan diplomasi antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Jepang yang telah dilakukan sejak 10 Juni 2021 lalu. 

"Dan baru saja tiga hari yang lalu sehingga tindak lanjutnya pada 29 Juni lalu Kemenlu Indonesia dan Jepang menandatangani perjanjian kerja sama," jelasnya. 

2. Duta Besar Jepang untuk Indonesia sebut vaksin ini bukti persahabatan

Jepang Sumbang 998.400 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaIDN Times/Dok. Tangkap Layar Youtube

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi mengungkapkan, pemberian hampir 1 juta dosis vaksin ini kepada Indonesia ini merupakan salah satu bukti bentuk persahabatan antara Indonesia dan Jepang, terutama dalam penanganan COVID-19 di kedua negara. 

"Saat ini Jepang dan Indonesia ada di tengah perjuangan melawan COVID-19 dan berupaya melalui masa sulit. di Indonesia COVID-19 menyebar cepat setelah lebaran melampaui rekor selama ini," tuturnya. 

3. Sampaikan dukungan untuk tenaga kesehatan Indonesia

Jepang Sumbang 998.400 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaIDN Times/Dok. Tangkap Layar Youtube

Ia pun menyampaikan bahwa Pemerintah Jepang terus akan mendukung upaya Pemerintah Indonesia dan tenaga kesehatan yang tengah berupaya menangani COVID-19 dengan sungguh-sungguh. Terlebih, banyak juga korban meninggal dunia akibat COVID-19 ini. 

"Saya berharap vaksin yang diberikan hari ini dapat mendukung Pemerintah Indonesia dan tenaga kesehatan dalam mengatasi pandemi COVID-19," pungkasnya. 

Baca Juga: Ingin Vaksinasi, Tapi KTP Kamu Bukan Kota Tangerang? Bisa, Ini Caranya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya