Klaster Munggahan Tangerang Terkuak Karena Ada yang Masuk RS

Sudah 46 orang positif COVID-19 dari klaster munggahan

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 46 warga di Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka diketahui terpapar usai salah satu warga yang baru saja pulang dari acara munggahan di Bogor, Jawa Barat, masuk rumah sakit.

"Seminggu usai pulang jalan-jalan, tepatnya 20 April, sejumlah warga dilaporkan mengalami gejala sesak napas dan demam, lalu dilarikan ke rumah sakit," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.

Baca Juga: Muncul Klaster Munggahan, Gubernur: Pas Kena, Lari ke Pemerintah

1. Saat di rumah sakit, pasien jalani pemeriksaan swab test

Klaster Munggahan Tangerang Terkuak Karena Ada yang Masuk RSPetugas kesehatan melakukan tes COVID-19 di New Delhi, India, pada 27 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Hendra menuturkan, lantaran salah satu warga tersebut memiliki gejala mirip COVID-19, tenaga kesehatan di rumah sakitpun lantas melakukan swab test PCR terhadap pasien tersebut. Hasilnya positif COVID-19.

"Akhirnya pihak rumah sakit melapor ke Gugus Tugas Kabupaten Tangerang lalu kita lakukan tracing ke wilayah tempat tinggal warga tersebut," jelas Hendra.

Baca Juga: Klaster Munggahan, Puluhan Warga di Satu RW Positif COVID-19

2. Dari tracing diketahui 30 warga pernah melakukan munggahan

Klaster Munggahan Tangerang Terkuak Karena Ada yang Masuk RSSeorang pasien COVID-19 meletakkan kedua tangan di kepalanya (ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner)

Hendra menuturkan, dari tracing tersebut lah diketahui bahwa terdapat 30 warga yang pernah melakukan munggahan atau jalan-jalan ke wilayah Bogor, Jawa Barat.

"Jadi ada 46 yang positif, tidak semuanya yang pergi ke Bogor, karena setelah pulang mereka kan tetap bersosialisasi seperti biasa jadi menularkan ke tetangga yang lain," jelas Hendra.

3. Satgas masih menunggu hasil swab test terhadap 96 warga lainnya

Klaster Munggahan Tangerang Terkuak Karena Ada yang Masuk RSIlustrasi personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Hingga hari ini, pihaknya pun masih menunggu hasil tracing terhadap 96 warga lainnya yang terlibat kontak erat dengan warga yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sambil menunggu hasil keluar, kita lakukan lockdown sesuai arahan Pak Bupati Tangerang untuk mencegah adanya penyebaran keluar wilayah tersebut," katanya.

Baca Juga: Jajaki Kerja Sama Sepak Bola, Raffi Ahmad Temui Wali Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya