Langkah-langkah Ikut Job Fair Online di Kabupaten Tangerang

Ada sekitar 7.000 lowongan yang disediakan loh

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk pertama kalinya menyelenggarakan Job Fair Online mulai 9 - 13 November 2021. Dalam Job Fair Online tersebut, sekitar 7.000 lowongan pekerjaan disediakan dari 25 perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Karena saat ini tengah pandemik, dan untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tangerang maka kita gelar Job Fair Online Ini," ujar Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Beni Rachmat, Rabu (10/11/2021).

Lalu, bagaimana langkah-langkah mendaftarnya?

Baca Juga: 5 Potret Tabur Bunga Hari Pahlawan di TMP Taruna Kota Tangerang 

1. Registrasi akun di laman Job Fair Online Kabupaten Tangerang

Langkah-langkah Ikut Job Fair Online di Kabupaten TangerangIDN Times/Dok. Situs Siap kerja Kabupaten Tangerang

Langkah pertama, pencari kerja harus melakukan registrasi akun untuk bisa log in di laman https://siapkerja.tangerangkab.go.id/. Nantinya, pencari kerja akan dimintai alamat email, nomor telepon, dan membuat password.

2. Isi data diri di dalam akun

Langkah-langkah Ikut Job Fair Online di Kabupaten TangerangIDN Times/Dok. Situs Siap Kerja Kabupaten Tangerang

Jika sudah berhasil membuat akun, pencari kerja akan diminta melengkapi biodata untuk dimasukkan ke database yang akan digunakan perusahaan untuk menyeleksi.

Adapun biodata tersebut yakni NIK, Nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, pendidikan terakhir, alamat, hingga meng-upload file KTP asli.

3. Upload dokumen pendidikan terakhir dan pengalaman kerja

Langkah-langkah Ikut Job Fair Online di Kabupaten TangerangIDN Times/Dok. Situs Siap Kerja Kabupaten Tangerang

Usai mengisi biodata diri, pencari kerja akan diarahkan untuk meng-upload dokumen-dokumen pendukung untuk melamar kerja, seperti ijazah terakhir, surat pengalaman kerja, kartu kuning, SKCK, sertifikat keahlian, dan dokumen lainnya.

4. Kemudian, pencari kerja tinggal menunggu notifikasi dari perusahaan deh

Langkah-langkah Ikut Job Fair Online di Kabupaten TangerangIDN Times/Galih Persiana

Jika data-datamu sudah lengkap, perusahaan tinggal menyortir pencari kerja yang sesuai dengan kriteria mereka. Pencari kerja tinggal menunggu notifikasi apakah dokumen kamu menjadi salah satu yang terpilih atau tidak.

Jika terpilih, pihak perusahaan akan melakukan tahap selanjutnya seperti panggilan interview dan sebagainya.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati mengatakan, pendaftaran Job Fair Online ini akan ditutup pada 13 November 2021.

"Setelah proses di situs tersebut dan pendaftaran ditutup, lalu nantinya pihak perusahaan yang menentukan pelamar mana yang cocok untuk mereka panggil," ujarnya.

Baca Juga: 5 Potret Tabur Bunga Hari Pahlawan di TMP Taruna Kota Tangerang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya