Comscore Tracker

Pemkab Tangerang Segera Izinkan SD Laksanakan PTM

Uji coba PTM akan diiringi vaksinasi kepada pelajar

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang segera memperbolehkan sekolah tingkat SD menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM). Hal tersebut berdasarkan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. 

"Sesuai dengan instruksi Pak Mendikbud, secara bertahap sekolah di tingkat SD akan diizinkan PTM," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Jum'at (17/9/2021). 

Baca Juga: Pemkab Tangerang Tak Izinkan Sekolah Tingkat SD Laksanakan PTM

1. Sekolah SD bakal diizinkan, usai evaluasi PTM tingkat SMP dan SMP

Pemkab Tangerang Segera Izinkan SD Laksanakan PTMSimulasi PTM yang dilaksanakan di SMP Negeri 12 Balikpapan (IDN Times/ Anjas Pratama)

Zaki mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah menunggu evaluasi terhadap pelaksanaan PTM di tingkat SMP dan SMA yang dimulai sejak 14 September 2021. Jika hingga uji coba selesai, maka akan dibuka PTM di tingkat SD. 

"Sepanjang pemantauan dan evaluasi tidak ditemukan klaster baru, maka akan diujicobakan ke tingkat SD," kata Zaki. 

2. Jika uji coba PTM di tingkat SD berhasil, maka akan dilanjutkan ke tingkat PAUD

Pemkab Tangerang Segera Izinkan SD Laksanakan PTMSekda Kota Bandung Ema Sumarna meninjau pelaksanaan simulasi PTM terbatas, Senin (7//6/2021). IDN Times/Debbie Sutrisno

Tak hanya di tingkat SD, pihaknya juga akan membuka PTM di tingkat PAUD. Namun, hal tersebut akan menunggu evaluasi PTM di tingkat SD terlebih dahulu.

"Kami mohon masyarakat bersabar, PTM ini kami lakukan secara berhati-hati, melihat kondisi evaluasi pelaksanaan di setiap tingkat," jelasnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Sebut Pembelajaran Daring Tidak Optimal 

3. Uji coba PTM akan diiringi dengan vaksinasi masif kepada pelajar

Pemkab Tangerang Segera Izinkan SD Laksanakan PTMTwitter.com/dispendiksby1

Untuk keamanan dalam pelaksanaan PTM, pihaknya pun terus mengejar vaksinasi kepada pelajar berusia 12 tahun ke atas. Sehingga, uji coba PTM akan beriringan dengan capaian vaksinasi. 

"Sekarang sedang kita galakkan di Kabupaten Tangerang, sekarang udah mendekati 800 ribu jiwa, satu jutanya nanti di awal Oktober, insyaAllah mendekati desember kita sudah sampai 2 juta jiwa yang divaksinasi," kata dia. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya