Pria Obesitas Dievakuasi Pakai Forklift, Beratnya Capai 300 Kilogram

Untuk evakuasi, BPBD sampai harus membongkar rumah F

Tangerang, IDN Times - Seorang pria berinisial F (27) dievakuasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang lantaran mengalami obesitas hingga tak dapat lagi beraktivitas normal. Bahkan, berat F mencapai 300 kilogram sehingga dia tak dapat lagi bergerak.

"Awalnya kami dapat laporan dari warga, lalu anggota ke sana untuk evakuasi, namun ternyata sulit jika dievakuasi dengan cara biasa," ujar Mulyadi, Kepala UPT BPBD Ciledug, Kamis (8/6/2023).

1. Evakuasi sulit dilakukan lantaran akses keluar rumah sempit

Pria Obesitas Dievakuasi Pakai Forklift, Beratnya Capai 300 KilogramDok. BPBD Ciledug

Mulyadi mengungkapkan, sulitnya proses evakuasi F lantaran akses keluar dari rumah tersebut tak muat dengan ukuran tubuh F. Sehingga, pihaknya harus membongkar tembok rumah agar bisa sesuai dengan tubuh F.

"Terlebih lagi saat kita angkat, kesulitan juga karena dia (F) tidak bisa bergerak sama sekali karena terlalu besar badannya," kata Mulyadi.

2. Evakuasi menggunakan alat berat forklift

Pria Obesitas Dievakuasi Pakai Forklift, Beratnya Capai 300 KilogramDok. BPBD Ciledug

Untuk memudahkan proses evakuasi, pihaknya pun lantas harus menggunakan alat berat forklift untuk mengangkat tubuh F untuk dinaikan ke bentor sebelum dilarikan ke RSUD Kota Tangerang.

"Kita angkat juga berat, enggak keangkat akhirnya kita pakai forklift dan dari situ kita pindahkan di bentor baru kita bawa ke puskesmas dan dibawa ke RSUD Kota Tangerang," jelasnya.

3. F saat ini tengah jalani perawatan di RSUD Kota Tangerang

Pria Obesitas Dievakuasi Pakai Forklift, Beratnya Capai 300 KilogramDok. BPBD Ciledug

F pun saat ini telah berada di RSUD Kota Tangerang untuk menjalani perawatan dan pemeriksaan atas kondisi tubuhnya tersebut.

"Medisnya langsung Dinas Kesehatan, kami disana membantu evakuasinya karena menjadi tanggung jawab kami," tuturnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Larang Warga Bakar Sampah Sembarangan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya