Comscore Tracker

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Kabupaten Tangerang Penuh

Hanya tersedia 73 tempat tidur

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Ruang isolasi khusus pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang penuh. Padahal, terdapat 73 tempat tidur khusus untuk isolasi pasien COVID-19 di rumah sakit daerah tersebut. 

Humas RSUD Kabupaten Tangerang, dr. Mohamad Rifki mengatakan, seluruh tempat tidur yang tersedia tersebut hingga hari ini sudah penuh dan tak dapat lagi menerima pasien baru. 

"Ada 73 tempat tidur, ruangan rawat isolasi Covid-19 di RSUD Kabupaten Tangerang sudah full," ungkap Rifki, Selasa (8/12/2020). 

1. Tim dokter tengah mengevaluasi pasien lama agar dapat diisi pasien baru

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Kabupaten Tangerang PenuhIlustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Sejak kemarin, kata Rifki, tim dokter spesialis yang menangani pasien COVID-19 tengah mengevaluasi keadaan pasien. Bila ada pasien yang sudah menunjukkan gejala sembuh, maka diperbolehkan pulang. 

"Mudah-mudahan setelah ada evaluasi, ada pasien lama diantara 73 pasien itu yang sudah diperbolehkan pulang," kata Rifki.

2. RSUD Tangerang berkoordinasi dengan rumah sakit lain yang berdekatan

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Kabupaten Tangerang PenuhIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Untuk mengatasi melonjaknya pasien COVID-19, RSUD Kabupaten Tangerang juga berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan lain yang letaknya berdekatan. Salah satunya, termasuk Wisma Atlet, bilamana pasien tersebut membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

"Bila tidak bergejala, maka akan dirujuk ke Hotel Yasmin, tempat penampungan pasien COVID-19 tanpa gejala," jelasnya. 

Baca Juga: Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTG

3. Pasien datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Kabupaten Tangerang PenuhIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Rifki menuturkan, pasien suspek COVID-19 yang datang tidak hanya berasal dari wilayah Kabupaten Tangerang saja, namun juga berasal dari berbagai daerah yang dekat dengan Tangerang. 

"Kota Tangerang, Tangsel, sampai Jakarta juga ada, tapi kita tidak milih, begitu datang, kita tangani kedaruratannya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ruang IGD Khusus suspek COVID-19 di RSUD Kabupaten Tangerang diberlakukan buka tutup sementara lantaran pasien membludak. Rumah sakit hanya mau menerima pasien baru yang membawa hasil tes PCR negatif, untuk ditangani di ruang IGD non-COVID. 

Baca Juga: RSUD Tangerang Berlakukan Buka Tutup di IGD Khusus COVID-19

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya