33 Ribu Masyarakat Kabupaten Tangerang Bakal Terima BLT 

Hal tersebut untuk mencegah inflasi di Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 33.333 masyarakat di Kabupaten Tangerang bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) sebagai bentuk kompensasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pemberian BLT tersebut bakal diperuntukkan bagi orang tidak mampu.

"Ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam rangka untuk meringankan beban masyarakat Kabupaten Tangerang," kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Banyak yang Salah Sangka, Tempat Hits Ini Ada di Kabupaten Tangerang!

1. Pemkab Tangerang gelontorkan dana Rp73 miliar cegah inflasi usai BBM naik

33 Ribu Masyarakat Kabupaten Tangerang Bakal Terima BLT Dok. Antara Foto/FB Nugroho

Untuk memberikan BLT tersebut, pihaknya pun menggelontorkan Rp73 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun 2022. Hal tersebut untuk mencegah adanya inflasi usai kenaikan harga BBM di Indonesia.

"Nantinya akan dialokasikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak kenaikan BBM melalui program bantuan sosial tunai," jelasnya.

2. Anggaran juga digunakan untuk meringankan BPHTB dan PBB masyarakat

33 Ribu Masyarakat Kabupaten Tangerang Bakal Terima BLT Dok. Antara Foto/Yusuf Nugroho

Tak hanya berbentuk BLT, anggaran tersebut juga bakal digunakan untuk sektor kelompok usaha mikro dengan dialokasikan melalui unit pengelolaan dana bergulir (UPDB). 

"Dan pemberian keringanan atau relaksasi pada sektor bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) serta pajak bumi dan bangunan (PBB)," ungkapnya.

3. Dana tersebut bersumber dari dua anggaran

33 Ribu Masyarakat Kabupaten Tangerang Bakal Terima BLT Dok. Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Untuk diketahui, pembiayaan Rp73 miliar yang bakal digelontorkan Pemkab Tangerang untuk mencegah inflasi di Kabupaten Tangerang berasal dari dua anggaran, yakni pertama dana transfer umum dari dana alokasi khusus atau dana bagi hasil pemerintah pusat sebesar dua persen. 

"Dan sumber pendapatan kedua, yaitu dari anggaran biaya tak terduga (BTT) Pemerintah Kabupaten Tangerang tahun 2022," tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis, Catat Lokasi dan Jadwalnya!

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya