Comscore Tracker

Jelang Imlek di Tangerang, 813 Personel Gabungan Bersiaga

33 vihara bakal dijaga ketat pihak kepolisian

Tangerang, IDN Times - Menjelang Tahun Baru Imlek 2574, Polres Metro Tangerang Kota bersama Kodim 0506/TGR menyiagakan ratusan personel untuk mengamankan perayaan masyarakat Tionghoa tersebut.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, ratusan personel tersebut akan disebar di 33 vihara dari 50 vihara yang berada di wilayah hukum Polres Metro Tangerang kota, Polda Metro Jaya.

"Perayaan hari raya Imlek ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu 21 dan Minggu, 22 Januari 2023," ujar Zain, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga: Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang Imlek

1. Titik sentral bakal dilakukan di beberapa vihara

Jelang Imlek di Tangerang, 813 Personel Gabungan BersiagaIDN Times/Dok. Polres Metro Tangerang Kota

Zain mengungkapkan, titik sentral pengamanan akan dilakukan di beberapa vihara dengan jumlah jamaah terbanyak dan rawan potensi gangguan diantaranya Vihara Boen Tek Bio di Kecamatan Tangerang, Vihara Nimmala Boen San Bio di Kecamatan Karawaci, Vihara Yang Sen Bio di Kecamatan Neglasari dan Vihara Hok Tek Bio di Kecamatan Teluknaga.

"Assessment sudah kita dilakukan beberapa hari sebelumnya, termasuk berkoordinasi dengan panitia pelaksana di masing-masing vihara. Diharapkan aparat keamanan dapat mengatasi potensi gangguan pada saat peribadatan," ungkap Zain.

2. Sterilisasi dilakukan sebelum peribadatan berlangsung

Jelang Imlek di Tangerang, 813 Personel Gabungan BersiagaIDN Times/Dok. Polres Metro Tangerang Kota

Zain menambahkan, sterilisasi akan dilakukan di vihara-vihara sebelum pelaksanaan peribadatan . Sesuai dengan kesepakatan dengan panitia di setiap vihara bahwa pelaksanaan peribadatan dilakukan secara bergelombang atau bergantian.

"Skema penataan parkir, hingga alur masuk dan keluar nya jamaat sudah kita koordinasikan dengan panitia, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

3. Dandim sebut TNI dan Polri harus bersinergi 

Jelang Imlek di Tangerang, 813 Personel Gabungan BersiagaIDN Times/Dok. Polres Metro Tangerang Kota

Sementara, Dandim Letkol Inf Ali Imran dalam amanahnya dihadapan pasukan gabungan menyampaikan pesan untuk selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dalam melaksanakan pengamanan hari raya Imlek ini.

"TNI-Polri harus selalu bersinergi demi terciptanya situasi yang aman dan lancar," kata dia. 

Baca Juga: 5 Jenis Ikan yang Biasa Dihidangkan Saat Imlek

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya