Comscore Tracker

1 Pasien Omicron di Tangsel Jalani Isolasi di Rumah Lawan COVID-19 

Pasien ini terpapar dari transmisi lokal

Tangerang Selatan, IDN Times - Satu warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron menjalani isolasi di Rumah Lawan Covid (RLC) Kota Tangsel.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendarlin menyebutkan, satu warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron itu tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Transmisi lokal. Mungkin dia sudah bertransmisi di sini. Kita nggak tahu di antara kita juga mungkin kalau diperiksa satu per satu juga mungkin bisa saja ya," kata Alin Hendarlin, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Omicron Terdeteksi di Tangsel, Dinkes Banten Minta Warga Waspada

1. Pasien Omicron hanya memiliki gejala ringan

1 Pasien Omicron di Tangsel Jalani Isolasi di Rumah Lawan COVID-19 Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kata Alin, varian omicron itu, tidak memiliki gejala atau hanya bergejala ringan. 

"Karena omicron ini kan tidak bergejala, kalau bergejala juga ringan. Seperti batuk biasa, bahkan tidak bergejala. tapi pada saat diperiksa, dicek ternyata variannya Omicron," ucap dia. 

Alin menyebutkan, satu warganya yang terkonfirmasi Omicron itu, baru saja menjalani masa isolasi di RLC, Kecamatan Serpong.

2. Kasus COVID-19 meningkat lagi di Banten sejak awal Januari 2022

1 Pasien Omicron di Tangsel Jalani Isolasi di Rumah Lawan COVID-19 ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyatakan kasus COVID-19 di wilayahnya kembali meningkat sejak Januari 2022. Peningkatan kasus terjadi di wilayah Tangerang Raya.

Kadinkes Ati Pramudji Hastuti menyatakan, kasus COVID-19 varian Omicron bahkan sudah masuk di wilayah Tangerang Selatan. "Semula dalam beberapa bulan kemarin kita sudah sangat melandai, namun pada awal Januari ini terjadi peningkatan," kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (13/1/2022).

3. Ada 4 kasus Omicron terdeteksi di Tangsel, cek lokasinya

1 Pasien Omicron di Tangsel Jalani Isolasi di Rumah Lawan COVID-19 ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Ati menyampaikan, pihaknya menditeksi ada empat kasus yang dinyatakan positif varian Omicron di Tangsel. Diantaranya, dua kasus berada di The Green BSD, satu kasus di Ciputat dan satu kasus lagi di Pondok Cabe Hilir.

"Varian Omicron dalam sisi penyebaran begitu luar biasa cepatnya dan meskipun varian ini belum terbukti memberikan dampak keganasan," katanya.

Baca Juga: Kick Off Vaksin Booster, RSUD Tangsel Vaksinasi 60 Peserta

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya