4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu Coba

Kawasan Pecinan Pasar Lama Tangerang menjual aneka makanan

Kota Tangerang, IDN Times - Kawasan Pecinan Pasar Lama di Tangerang menyimpan sejuta pesona, khususnya dalam hal kuliner. Di tempat ini, kita tidak hanya bisa mencicipi aneka makanan ringan nan unik, tapi juga berbagai macam makanan berat yang menggiurkan. 

Berlokasi di sepanjang Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang, Kawasan Pecinan Pasar Lama Tangerang ini menjajakan berbagai macam jenis makanan dan minuman. Beberapa di antaranya cukup terkenal dan menjadi ciri khas kawasan tersebut.

Berikut ini beberapa daftar kuliner di Pasar Lama, Tangerang yang menjadi ciri khas dari kawasan Pecinan Pasar di Banten ini.

Baca Juga: 4 Tempat Berbuka Puasa sambil Reuni yang Asyik dan Murmer di Tangsel 

1. Roti Cane Kumar

4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu CobaIDN Times/Muhamad Iqbal

Roti Cane Kumar merupakan salah satu ikon Kawasan Pecinan Pasar Lama. Menggunakan resep otentik dari penjual yang memang asli keturunan India, Roti Cane Kumar selalu dipenuhi pembeli dari sore sampai malam.

Robert Kumar, penjual Roti Cane Kumar, mengaku sudah 11 tahun berjualan di kawasan tersebut. Ia merupakan generasi ke-3 India Medan yang berjualan Roti Cane itu.

Cane rasa kari menjadi favorit para pembeli. Selain itu, sudah beberapa tahun terakhir Roti Cane Kumar mulai berinovasi dengan memunculkan rasa-rasa baru seperti keju, cokelat, stroberi, dan sebagainya.

2.Twigim on Stick

4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu CobaIDN Times/Muhamad Iqbal

Twigim on stick merupakan jajanan khas Korea yang mulai menjadi favorit pengunjung Pasar Lama. Menu yang bervariatif menjadi daya tarik kudapan ini. Keunikan lainnya, para pengunjung bisa memilih makanannya digoreng atau dibakar.

Soal harga, pengunjung tidak perlu repot-repot bertanya kepada pedagang. Cukup melihat susunan stick-nya, harga sudah diketahui. Untuk makanan yang diletakkan di rak pertama dan kedua, harganya Rp10.000 per tusuk. Rak ke-3 Rp13.000, dan rak ke-4, harganya mulai dari Rp15.000 hingga Rp35.000 tergantung bahannya.

3. Ayam Taliwang

4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu CobaIDN Times/Muhamad Iqbal

Ayam Taliwang Ayu merupakan salah satu makanan berat yang paling laris di Kawasan Pecinan Pasar Lama. Sebanyak 250 ekor ayam kampung bakar ludes diserbu pembeli setiap harinya.

Rasa paling enak dan menjadi favorit adalah Ayam Taliwang pedas manis. 

4. Sate Biawak dan Sop Kelelawar

4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu CobaIDN Times/Muhamad Iqbal

Tempat makan ini terbilang sangat unik dengan varian menu yang cukup ekstrem, di antaranya sate biawak, sate kelinci, sate ular sanca, darah kobra, dan sop kelelawar.

Namun, dibalik keunikan yang cenderung ngeri itu, lapak penjual makanan itu tidak pernah sepi pengunjung. Kebanyakan pembeli merupakan kalangan tertentu yang sedang melakukan treatment tertentu. Biawak menjadi primadona lapak tersebut karena dipercaya ampuh mengobati penyakit kulit.

Untuk jenis sate, harganya Rp20.000 per sepuluh tusuk atau Rp2.000 per tusuk di semua jenis daging. Untuk makanan termahal, yaitu sop kelelawar dengan harga Rp150.000.

Itulah daftar kuliner di Pasar Lama, Tangerang. Tertarik mencoba?  

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari Jokowi

Topik:

  • Sunariyah
  • Ita Lismawati F Malau
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya