Adik-Adik, Jangan Takut untuk Divaksinasi COVID-19 Yah!

Vaksin Sinovac aman dan dijamin oleh IDAI

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memulai vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun. Mereka yang masuk kelompok ini biasanya berada di jenjang sekolah dasar. 

Untuk itu, Dinkes Kota Tangerang mengimbau para bapak-ibu dan adik-adik tidak perlu ragu anak-anaknya di rentang usia tersebut untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Napi yang Kabur dari Lapas Tangerang Terlibat 2 Kasus Narkotika 

1. IDAI sudah beri rekomendasi

Adik-Adik, Jangan Takut untuk Divaksinasi COVID-19 Yah!Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kepala Dinas Kesehatan, Dini Anggraeni menegaskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun aman. Dini menjelaskan, pemberian vaksin COVID-19 pasa usia 6-11 tahun sudah melalui kajian yang matang dan telah mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatioon (ITAGI).

“Kementerian sudah memberikan keputusan untuk memulai vaksinasi usia 6-11 tahun. Semua telah dipastikan dari sisi keamanannya, serta manfaat perlindungan yang akan didapat. Jadi jangan ragu, untuk putra-putrinya segera divaksinasi,” kata Dini, Selasa (14/12/2021).

2. Vaksin yah Dik, agar kamu terlindungi dari efek buruk COVID-19

Adik-Adik, Jangan Takut untuk Divaksinasi COVID-19 Yah!Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Dwi Agustiar)

Dini menuturkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ditujukan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi. Vaksinasi juga bisa membantu pencegahan penularan anggota keluarga dan saudaranya, yang belum dapat divaksinasi atau mempunyai risiko terinfeksi.

“Pastinya, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisasi penularan di sekolah atau satuan pendidikan. Terlebih mempercepar tercapainya herd immunity,” kata dia.

3. Vaksin yang digunakan untuk anak-anak adalah Sinovac

Adik-Adik, Jangan Takut untuk Divaksinasi COVID-19 Yah!Vaksin COVID-19 Sinovac. Dok. IDN Times/bt

Sementara itu, diketahui vaksin yang digunakan pada pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac. Hal ini telah mendapat rekomendasi EUA BPOM dan ITAGI.

“Pemberian dilakukan sesuai standar yang ditetapkan, yaitu takaran dosis hingga interval vaksin sama yaitu 28 hari, layaknya vaksinasi orang dewasa,” kata Dini.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Umur 6–11 Tahun Kota Tangerang Dimulai Besok

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya