Comscore Tracker

Alat PCR COVID-19 di Tangsel Stop Operasi Sementara

Ada maintenance alat nih~ #IDNTimesBanten

Tangerang Selatan, IDN Times - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk sementara tidak menerima pemeriksaan sampel COVID-19.  

"Sehubungan adanya maintenance alat PCR (polymerase chain reaction) COVID-19, maka bersama ini UPT Labkesda Kota Tangsel, memberitahukan bahwa mulai Rabu, tanggal 20 Januari 2021 tidak menerima sampel COVID-19," sebut surat pemberitahuan yang ditandatangani Kepala Labkesda Tangsel, Riki Hermawan, yang diterima IDN Times, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Tahap I Diberikan ke Tenaga Kesehatan Tangsel 

1. Belum dapat dipastikan, kapan Labkesda kembali mengoperasikan alat tes PCR

Alat PCR COVID-19 di Tangsel Stop Operasi SementaraIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Riki mengaku belum dapat memastikan, kapan layanan pemeriksaan sampel COVID-19 itu bisa kembali dilakukan Labkesda Tangsel.

"Maintenance ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ucap dia.

2. Untuk sementara waktu, sampel PCR dikirim ke laboratorium lain

Alat PCR COVID-19 di Tangsel Stop Operasi SementaraIDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku perawatan terhadap alat kesehatan tersebut mesti dilakukan untuk memastikan uji sampel dengan alat tersebut, terakurasi.

"Maintenance harus dilakukan untuk mengkalibrasi alat-alat tersebut. Sementara sampel PCR dikirim ke laboratorium lain," kata Benyamin.

3. Dinkes Tangsel jalin kerja sama dengan laboratorium swasta

Alat PCR COVID-19 di Tangsel Stop Operasi SementaraIDN Times/Muhamad Iqbal

Benyamin mengakui, Dinkes Tangsel, juga sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah fasilitas laboratorium lain baik milik pemerintah dan swasta.

"Seperti milik Kemenkes dan laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia serta fasilitas lab rumah sakit swasta lain," ucap Benyamin.

Baca Juga: Hanya Kota Serang dan Tangsel yang Dapat Vaksin Tahap I di Banten

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya