Comscore Tracker

Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di Rumah

Evakuasi masih dilakukan

Kota Tangerang, IDN Times - Banjir di kompleks perumahan Indah menjadi salah satu lokasi titik terparah di wilayah Kota Tangerang, Sabtu (20/2/2021). Banjir terjadi di sejumlah titik Tangerang setelah hujan deras mengguyur sejak kemarin.

Ratusan warga diduga masih terjebak di rumahnya masing-masing. Pantauan IDN Times di lokasi, upaya evakuasi warga sendiri masih terus dilakukan sampai pukul 13.50 ini.

Baca Juga: Banjir Kepung Kabupaten Tangerang, Ketinggian Air Hingga 1,5 Meter

1. Ratusan personel diterjunkan untuk evakuasi warga

Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di RumahIDN Times/M Iqbal

Di lokasi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sudah menerjunkan ratusan personel gabungan. Beberapa perahu sudah mulai menyisir pemukiman warga sambil membawa kebutuhan logistik masyarakat yang memilih bertahan di lantai dua rumahnya.

Sambil menyisir para petugas sendiri melakukan evakuasi warga yang berkeadaan darurat seperti lansia, orang sakit atau ibu hamil.

2. Jembatan apung juga disiapkan Pemkot Tangerang

Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di RumahIDN Times/M Iqbal

Selain melakukan evakuasi, petugas juga membuat jembatan apung yang berguna untuk mengevakuasi atau menyebrangkan warga yang terisolasi lantaran jalan akses Ciledug Indah terputus.

Baca Juga: Banjir, Jalan Akses Tangerang-Jakarta Via Ciledug Terputus 

3. Lapan peringatkan Pemda di Jabodetabek Karawang waspadai banjir

Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di RumahIDN Times/ M Iqbal

Sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperingatkan, potensi hujan ekstrem di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek). Hujan itu perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan banjir besar.

Peneliti sains atmosfer di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan Erma Yulihastin meminta semua pihak selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi pada 19-20 Februari 2021 secara luas di Jadetabek sebagaimana yang pernah terjadi pada 1 Januari 2020.

Baca Juga: Lapan Peringatkan Potensi Banjir Besar, Termasuk di Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya