Comscore Tracker

Benyamin Dorong BBWS CC Segera Tangani Longsor di Kali Pesanggrahan

Warga Jalan Lembah Cirendeu Tangsel dihantui longsor!

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengaku belum tahu soal warga Jalan Lembah I Cirendeu, Ciputat Timur yang dibayangi ancaman longsor di pinggir aliran Kali Pesanggarahan.

Benyamin mengaku belum mendapat laporan dari lurah maupun camat soal ancaman longsor yang dihadapi warga di daerah tersebut. Meski begitu, Benyamin bakal mendorong agar Balai Besar Sungai Wilayah Cibaliung Cisadane (BBWS CC) segera menangani ancaman longsor di sana. 

"Nanti saya cek dan memang akan saya dorong lagi ke BBWS CC untuk segera ditangani. Saya juga akan fokus tangani bagaimana warga yang tinggal di situ," kata Benyamin, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Dihantui Longsor, Warga Tangsel: Difotoin Sama BBWS, Dikerjain Kagak!

1. Dihantui longsor, warga Tangsel: difotoin sama BBWS, dikerjain kagak!

Benyamin Dorong BBWS CC Segera Tangani Longsor di Kali PesanggrahanIDN Times/Muhamad Iqbal

Pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CC) hingga kini belum memastikan kapan pembangunan turap penahan longsor Kali Pesanggrahan, Cirendeu Tangsel akan dikerjakan.

Ketua RT setempat Akhyaruddin mengatakan, ancaman longsor di wilayahnya ada di depan mata. Namun, kata dia, pihak BBWS CC baru mendatangi  dan hanya memotret lokasi yang dalam dua tahun terakhir sudah beberapa kali longsor.

"Warga pada ngeluh dari dulu, 'kok cuma diukur, difoto, dikerjain kagak'. Setiap hujan pasti was-was," kata Akhyar ditemui di rumahnya, Senin (8/8/2022).

2. Solusi yang diberikan belum maksimal

Benyamin Dorong BBWS CC Segera Tangani Longsor di Kali PesanggrahanIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Akhyar mengaku, longsoran tahun lalu itu hanya ditangani dengan penebangan pohon yang ada di sempadan aliran dan hanya dipasangi bambu pemancang untuk menahan longsor.

Padahal, Akhyar menilai, seharusnya ada penanganan dari dasar kali tersebut lantaran tiap hari air yang mengalir mengikis tanah di tebing. "Dulu hanya penebangan pohon saja, sekarang udah ada sejumlah titik lagi yang berpotensi longsor. Kita warga cuma bisa khawatir," ungkap Akhyar.

Akhyar meminta, pihak BBWS CC segera menangani persoalan ini karena memiliki kewenangan untuk itu. Sementara itu, imbuhnya, dinas terkait di Tangsel hanya melakukan perbaikan jalan saja, bukan kali.

3. BBWS CC belum tahu kapan akan benahi lokasi longsor

Benyamin Dorong BBWS CC Segera Tangani Longsor di Kali PesanggrahanDok. IDN Times/Akhyarudin

Saat dikonfirmasi Humas BBWS CC, Agung membenarkan bahwa pihaknya sudah mengunjungi lokasi untuk mengecek langsung kondisi di lapangan.

"Iya mas. Tim BBWS CC sedang cek lokasi dan koordinasi dengan pemkot setempat. BBWS CC waktu itu sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tangsel. Bantuan berupa bronjong yang memasang Pemkot," kata Agung kepada IDN Times.

Agung memastikan bahwa Kali Pesanggrahan merupakan wilayah kewenangannya. Namun, ketika ditanyai soal kapan pihaknya akan membenahi permasalahan di lokasi, Agung tak memberi jawaban.

"Iya mas wilayah sungainya kewenangan BBWS CC. Akan dilakukan penanganan lagi," kata dia.

Baca Juga: 23 Siswa Positif COVID-19, SMA Negeri 3 Tangsel Gelar PJJ

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya