Comscore Tracker

BNN: 753 Orang di Kota Tangerang Pengguna Aktif Narkoba

BNN sebut, jumlah itu hanya fenomena gunung es

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Satrya Ika Putra menyebut, ada 753 orang pengguna narkoba aktif di Kota Tangerang pada tahun 2021 ini.

Satrya mengatakan, meski telah memperkirakan jumlah pengguna narkoba, pihaknya belum memiliki data terkait usia dan jenis kelamin dari 753 orang tersebut.

Baca Juga: Walkot Tangerang Belum Izinkan 3 Persen ASN untuk Tes Urine Narkoba

1. Seperti fenomena gunung es, jumlah sebenarnya bisa jauh lebih tinggi

BNN: 753 Orang di Kota Tangerang Pengguna Aktif NarkobaIlustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia mengungkap, jumlah ratusan pengguna narkoba itu didapat dari badan survei.

Menurut dia, jumlah tersebut masih belum valid. Jumlah itu juga dia ibaratkan sebagai puncak gunung es, yang artinya masih banyak pengguna aktif yang tidak terdata oleh BNN Kota Tangerang.

"Bagi saya itu hanya seperti gunung es, makanya tidak bisa secara real berapanya," kata Satrya dalam sebuah acara yang digelar perkumpulan Solusi Movement, Rabu (22/9/2021).

2. Walkot Tangerang belum izinkan 3 persen ASN untuk tes urine narkoba

BNN: 753 Orang di Kota Tangerang Pengguna Aktif NarkobaIlustrasi ASN tes Corona. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sebelumnya, BNN Kota Tangerang menyebut, sebanyak tiga persen Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tangerang mempunyai kewajiban untuk dilakukan tes urine. Tes tersebut sesuai instruksi presiden tentang pencegahan peredaran narkoba.

Namun, hingga kini Pemkot Tangerang belum menggelar tes urine untuk ASN tersebut. Pihak BNN pun telah menyampaikan kewajiban untuk tes urine bagi ASN tersebut.

3. Pemkot sudah hibahkan 500 alat tes urine

BNN: 753 Orang di Kota Tangerang Pengguna Aktif NarkobaDok.IDN Times/istimewa

Kepala BNN Kota Tangerang Satrya Ika Putra mengatakan, pihaknya telah menerima hibah alat tes urine dari Pemkot Tangerang sebanyak 500 unit. Alat tersebut tidak hanya untuk ASN, namun untuk masyarakat umum.

"Tapi itu kita sudah konsultasi ke Kesbangpol tidak hanya untuk PNS tapi juga untuk umum. Cuma untuk Pemkot Tangerang Inpres 02 untuk tes urin mininaml 3 persen," ujar Satrya dalam diskusi yang digelar Solusi Movement Fraksi Teras di kawasan Puspemkot Tangerang mengusung tema 'Gurita Narkoba di Jalur Perlintasan' Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Kekerasan Anak dan Perempuan Kota Tangerang 2021 Sudah 100 Kasus

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya