Bumil di Kota Tangerang Segera Tes Triple Eliminasi di Puskesmas

Cukup bawa BPJS, tesnya gratis!

Kota Tangerang, IDN Times - Sebagai pencegahan penularan penyakit HIV, Hepatitis B, dan sifilis pada ibu hamil kepada anak, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyediakan pemeriksaan untuk Program Triple Eliminasi di seluruh puskesmas yang ada di Kota Tangerang.

Pemeriksaan ini gratis didapatkan bagi peserta BPJS yang mendaftarkan fasilitas kesehatan tingkat satunya di puskesmas yang ada di Kota Tangerang.

Triple Eliminasi merupakan program yang diadakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menanggulangi Penularan HIV, Sifilis dan Hepatitis B dari ibu hamil kepada bayinya.

Baca Juga: Caleg Gen Z Kota Tangerang, Yakin Raup Suara Anak Muda

1. Tes ini bisa mencegah anak kena HIV

Bumil di Kota Tangerang Segera Tes Triple Eliminasi di PuskesmasIlustrasi: Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kepala Dinas Kesehatan, Dini Anggraeni menjelaskan, penularan penyakit HIV, Hepatitis B, dan juga sifilis dapat terjadi melalui maternal atau kehamilan sehingga, para ibu hamil harus memeriksakan kesehatannya sebagai upaya pencegahan penularan penyakit tersebut.

"Pemeriksaan hanya dilakukan selama satu kali pada masa kehamilan," kata Dini, Senin (25/9/2023).

2. Tes ini gratis nih

Bumil di Kota Tangerang Segera Tes Triple Eliminasi di Puskesmasilustrasi pita HIV (freepik.com/jcomp)

Dini mengatakan, pemeriksaan ini gratis agar memudahkan masyarakat dan juga tenaga kesehatan mencegah penularan penyakit tersebut.

"Silakan datangi puskesmas terdekat yang ada di wilayah Kota Tangerang, dan daftarkan di poli KIA," kata Dini.

3. Masyarakat diminta segera memanfaatkan program ini

Bumil di Kota Tangerang Segera Tes Triple Eliminasi di PuskesmasDok. Pemkot Tangerang

Dini berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program pemeriksaan Program Triple Eliminasi gratis ini. Jika para ibu hamil belum mendaftarkan BPJS Kesehatan, diharapkan segera mendaftarkan fasilitas kesehatan tingkat satu di wilayah puskesmas di Kota Tangerang yang terdekat dari tempat tinggal.

Jika belum mendaftarkan BPJS Kesehatan, warga dipersilakan mendaftarkan dan memilih fasilitas kesehatan tingkat satu di puskesmas yang ada di Kota Tangerang-- khususnya yang terdekat di tempat tinggal masing-masing.

"Sehingga, dapat dilakukan berbagai pencegahan dan anak yang lahir nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat," kata dia.

Baca Juga: Tata Cara Bikin Bank Sampah di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya