Comscore Tracker

Cegah Banjir, Walkot Arief: Tanggul di Pinggir Kali Angke Diperbaiki

Arief minta warga gak buang sampah sembarangan

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyisir Kali Angke dari wilayah Duren Villa hingga Bendungan Polor yang berada di Kelurahan Petir perbatasan Kota Tangerang dengan Jakarta Barat.

Hal ini dilakukannya dalam upaya mencari solusi banjir yang kerap terjadi. Dalam pantauannya, Arief menemukan banyaknya sampah yang tersangkut di tepian kali maupun yang menyangkut di pohon-pohon pinggiran kali.

"Tadi saya bersama tim menyusuri Kali Angke dari Duren Villa sampai ujung Bendungan Polor. Setelah kami pantau ternyata banyak sekali sampah, selain itu ada juga batang - batang pohon yang tumbang menghalangi aliran air sungai," kata Arief dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang 

1. Tanggul-tanggul banjir harus dipetakan

Cegah Banjir, Walkot Arief: Tanggul di Pinggir Kali Angke DiperbaikiIlustrasi banjir bandang (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain permasalahan sampah, Arief juga menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum untuk menyisir dan memetakan tanggul-tanggul yang harus diperbaiki maupun tanggul yang harus ditinggikan serta berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Rencananya nanti tanggul - tanggul akan diplester oleh Dinas PU agar air tidak masuk melalui lewat celah-celah tanggul. Tanggul yang perlu ditinggikan, nanti kita tinggikan," ucap Arief.

2. Perapian Kali Angke jadi prioritas

Cegah Banjir, Walkot Arief: Tanggul di Pinggir Kali Angke DiperbaikiKali Angke (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Arief mengungkapkan bahwa merapikan Kali Angke dari hulu hingga hilir Kota Tangerang akan menjadi target prioritas Pemkot Tangerang dalam menanggulangi luapan air yang mengakibatkan banjir.

"Untuk menuntaskan masalah banjir ini, perlu melibatkan banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat sekitar," kata Arief.

3. APBD 2023 Kota Tangerang fokus penanganan banjir

Cegah Banjir, Walkot Arief: Tanggul di Pinggir Kali Angke Diperbaikiilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Arief juga memastikan, komposisi rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 sebesar Rp4,21 triliun dari pendapatan daerah dan belanja daerah Rp4,66 triliun, salah satu fokusnya adalah penanganan banjir.

"Target prioritas yang ingin kita tuntaskan sebenarnya adalah kaitan dengan banjir," kata dia. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, imbuhnya, sudah berinvestasi cukup besar kaitan penanganan Kali Angke, Cisadane, dan Cirarab. Kali Angke menjadi perhatian karena juga dibantu pemerintah pusat. "Kita akan coba berkomunikasi dengan Kementerian PU untuk membahas bersama apa solusi penanganannya," ujarnya.

Baca Juga: Virtual Job Fair Kota Tangerang  September 2022, Ada 978 Loker!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya