Comscore Tracker

Dindik Minta Warga Kota Tangerang Tak Pilih-Pilih SD Saat PPDB

SD negeri di Kota Tangerang sudah merata dalam kualitas

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin meminta masyarakat untuk tidak terlalu memilih-milih sekolah pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi jenjang Sekolah Dasar (SD).

Karena, kata Jamal, seluruh SD di Kota Tangerang memiliki kualitas yang sama dan tidak ada perbedaan antara satu dan lainnya.

"Bahkan kita juga memiliki sekolah inklusi sebanyak 47 sekolah yang tersebar di 13 kecamatan," kata Jamal, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Siapkan Sanksi Keras Bagi yang Langgar Aturan PPDB

1. Website dan chatbot disiapkan Pemkot Tangerang

Dindik Minta Warga Kota Tangerang Tak Pilih-Pilih SD Saat PPDBIlustrasi chat WhatsApp (Unsplash/Christian Wiediger)

Sementara itu, Sub Koordinator Pengembangan dan Integrasi Aplikasi Layanan Publik Dinas Komunikasi dan Informasi, Sandy Prastiawan mengatakan pihaknya menyiapkan aplikasi PPDB Online Kota Tangerang yang dapat diunduh melalui AppStore dan Play Store.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan website beserta chatbot di nomor +62 812-8360-5367 untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat.

Selain itu, masyarakat yang sudah memiliki akses tidak perlu datang ke operator sekolah. Proses pendaftaran, mengganti pilihan dan daftar ulang dapat melalui aplikasi tersebut.

"Dari hari pertama, pertanyaan yang masuk ke chatbot ada sebanyak 816 nomor. Chatbot ini hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan template saja atau FAQ (Frequently Asked Questions). Untuk pertanyaan lainnya yang lebih rinci, bisa menghubungi nomor-nomor di help desk Dinas Pendidikan," kata dia.

2. Jika ada pertanyaan, wali murid bisa menghubungi nomor ini

Dindik Minta Warga Kota Tangerang Tak Pilih-Pilih SD Saat PPDBIlustrasi Hotline. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk mengakses website PPDB, calon pendaftar dapat mengunjungi laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id

Jika memiliki pertanyaan, dapat menghubungi help desk PPDB Dinas Pendidikan Kota Tangerang melalui nomor-nomor berikut yaitu, 0821 1347 3962, 0821 1347 3963, 0821 1347 3964, dan 0821 1347 3966.

Selanjutnya, PPDB jenjang SD Tahap II untuk jalur seleksi Zona Wilayah Dalam dan Luar Kota akan dimulai pada (23/06/2022) hingga (24/6/2022). Lalu, untuk PPDB jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai pendaftaran pada (27/6/2022).

3. Persiapan Diskominfo agar PPDB berjalan lancar

Dindik Minta Warga Kota Tangerang Tak Pilih-Pilih SD Saat PPDBIlustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menyiapkan server dengan kecepatan jaringan yang diklaim memadai untuk kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP negeri.

Selain itu, Diskominfo juga menyiagakan 20 personel, baik terkait aplikasi maupun keamanan server.

“Tim ini disiagakan 24 jam, yang juga bertugas memantau keamanan operator PPDB di seluruh sekolah SDN maupun SMPN,” kata Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti, Senin (13/6/2022)

Baca Juga: PPDB Kota Tangerang, Diskominfo Siapkan Server dan Tim Siaga 24 Jam

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya