Dinkes Kota Tangerang Targetkan 79.246 Balita Dapat Vitamin A

Angka itu target bulan Februari saja

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menargetkan 79.246 balita di Kota Tangerang mendapatkan vitamin A selama Februari 2024. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6 hingga 59 bulan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, pihaknya menyelenggarakan Gebyar Posyandu sepanjang Februari yang juga merupakan pelaksanaan bulan vitamin A. Hal ini juga sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-31 Kota Tangerang.

1. Dosis berbeda, sesuai dengan usia anak

Dinkes Kota Tangerang Targetkan 79.246 Balita Dapat Vitamin Apexels.com

Pemberian suplementasi vitamin A untuk bayi usia 6 hingga 11 bulan berwarna biru dosis 100.000 IU, dan anak balita usia 12 hingga 59 bulan berwarna merah dosis 200.000 IU.

"Pelaksanaan pemberian suplementasi Vitamin A berlangsung di posyandu, puskesmas, Taman Kanak-Kanak (TK), PAUD, termasuk kelompok bermain hingga penitipan anak,” kata Dini, Jumat (2/2/2024).

2. Vitamin A penting untuk anak

Dinkes Kota Tangerang Targetkan 79.246 Balita Dapat Vitamin ADok. Pemkot Tangerang

Dini menjelaskan, banyak manfaat yang didapat balita apabila mengonsumsi vitamin A. Selain membentuk pertumbuhan sel darah merah, vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, kebutaan, hingga membantu pemulihan pada ibu nifas.

“Dengan itu, ayo seluruh warga Kota Tangerang untuk memanfaatkan bulan vitamin A di Februari ini," kata dia.

Dini pun mendorong warga untuk membawa anaknya yang masih balita ke posyandu dan puskesmas terdekat dengan domisili masing-masing. 

3. Tak hanya obat Vitamin, obat cacing pun diberikan

Dinkes Kota Tangerang Targetkan 79.246 Balita Dapat Vitamin ADok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi, Gebyar Posyandu juga diiringi dengan pemantauan pertumbuhan balita dalam buku KIA, pelayanan imunisasi sesuai usia, hingga pemberian obat cacing.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya