Comscore Tracker

DLH Tangsel Keruk 20 Meter Longsoran Sampah dari Sungai Cisadane 

Sampah yang longsor sekitar 50-100 ton

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah berjibaku mengatasi longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong yang masuk ke badan Sungai Cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto mengatakan, curah hujan yang tinggi pada Kamis kemarin menyebabkan gunungan sampah longsor hingga sekitar 50 ton tumpah nyaris memenuhi permukaan badan Sungai Cisadane.

"Sampai hari ini, sampah udah ketarik 20 meter," kata Toto, Selasa (26/5).

Menurutnya, perkembangan tersebut dihitung dari seberang bibir sempadan tanggul beton yang roboh di TPA Cipeucang. Adapun lebar badan Sungai Cisadane sekitar 100 meter.

Baca Juga: Tembok TPA Cipeucang Jebol, Gunung Sampah Masuk Kali Cisadane

1. Sebanyak 7 unit alat berat dikerahkan

DLH Tangsel Keruk 20 Meter Longsoran Sampah dari Sungai Cisadane TPA Cipeucang (Google Earth)

Toto menjelaskan, petugas gabungan terus berupaya mempercepat pengangkutan agar longsoran sampah di Sungai Cisadane cepat teratasi. Hingga kini tujuh unit alat berat atau eskavator telah dikerahkan.

"Kami masih minta bantuan kepada pemerintah pusat untuk pinjamin alat berat berikut petugas operatornya," jelas Toto.

2. Sampah yang longsor ke Sungai Cisadane sekitar 100 ton

DLH Tangsel Keruk 20 Meter Longsoran Sampah dari Sungai Cisadane IDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, perkiraan jumlah longsoran sampah dari TPA Cipeucang sekitar 50 sampai 100 ton.

"Kalo untuk berapanya saya belum bisa menjelaskan. Yang longsor menutupi badan sungai ada sekitar 50 ton. (Tapi) Lebih 50 ton itu. Lebih kurang mungkin sampai ke arah sana (100 ton)," ujar Yepi.

3. Sheet pile TPA Cipeucang jebol

DLH Tangsel Keruk 20 Meter Longsoran Sampah dari Sungai Cisadane IDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya diberitakan, tembok penahan atau sheet pile gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kota Tangerang Selatan, jebol. Akibatnya jebolnya tembok yang baru selesai dibangun satu tahun lalu (sebelumnya dalam proses pembangunan) itu longsoran sampah menutupi badan Sungai Cisadane, Jumat (22/5).

Baca Juga: 430 Ribu Peserta KIS Tangsel Dinonaktifkan Mulai Juni!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya