Comscore Tracker

DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota Tangerang

Arief malah berencana akan upgrade puskesmas jadi RSUD

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebut, pihaknya kini sedang mempelajari dan mengkaji rencana peningkatan Puskesmas rawat inap menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Tangerang.

Hal itu Arief sampaikan menanggapi pernyataan Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Saeroji yang menyebut fasilitas kesehatan di Kota Tangerang belum maksimal lantaran jumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) hanya ada satu dan dan berstatus tipe D.

Baca Juga: Cuma Punya 1 RSUD, DPRD: Pemkot Tangerang Tak Berpihak ke Masyarakat

1. Arief: 2021 harusnya ada rencana upgrading puskesmas

DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota TangerangIlustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Kepada IDN Times, Arief mengatakan, pihaknya masih mempelajari keinginan DPRD soal penambahan RSUD dengan adanya peningkatan Puskesmas menjadi RSUD.

"Di 2021, harusnya sudah ada rencananya tuh untuk upgrading-nya. Dari Puskesmas rawat inap menjadi RSUD, misalnya. Karena itu banyak kan yang harus disiapin. Tenaga, peralatan instalasi oksigen mechanic electrical-nya, Ipal (instalasi pengolahan air limbah) nya dan sebagainya," kata Arief, Selasa (5/1/2020).

2. Cuma punya 1 RSUD, DPRD: Pemkot Tangerang tak berpihak ke masyarakat

DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota TangerangRSUD Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sebelumnya, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Saeroji menyebut, fasilitas kesehatan di Kota Tangerang belum maksimal lantaran jumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) hanya ada satu dan dan berstatus tipe D.

Belum maksimalnya pelayanan dan pembangunan fasilitas kesehatan itu dianggap sebagai bukti tak berpihaknya pemerintah kepada masyarakat. Saeroji mengakui, Tangerang memiliki puskesmas yang tersebar di sejumlah daerah.

"Tapi terkait pelayanan masyarakat bukan cukup sampai di puskesmas saja. Kan ada RS rujukan dan diarahkannya ke RSUD. Tapi problemnya RSUD kita masih tipe D sampai sekarang dengan fasilitas yang memang belum memadai," kata Saeroji kepada IDN Times, Senin (4/1/2020).

3. DPRD sudah meminta Pemkot Tangerang bangun dua RSUD lagi

DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota TangerangIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Saeroji mengatakan, kenyataan tersebut tidak representatif, sangat tidak layak, dan belum bisa mencerminkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Pemerintah kota akhirnya dianggap tak berpihak kepada masyarakat.

"Makanya DPRD sepakat untuk dibangunkan kembali minimal dua RSUD tipe D di wilayah timur dan barat. Agar tak semua rujukan itu langsung ke RSUD Kota Tangerang," kata Saeroji.

Baca Juga: Kabupaten Tangerang Kembali Masuk Zona Merah, RSUD Penuh

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya