Comscore Tracker

Gempa Sukabumi Juga Terasa di Sebagian Wilayah Banten

Hingga pukul 10.25 WIB, tidak ada gempa susulan

Lebak, IDN Times - Gempa berkekuatan Magnitudo 5,5 berpusat di 113 kilometer tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (16/3/2022).

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer.

Dalam keterangan yang disampaikan BMKG, gempa juga mengguncang wilayah Provinsi Banten. Diantaranya, Bayah, Panimbang, Pandeglang, Cilegon dan Tangerang Selatan.

Guncangan gempa terasa bagi mereka yang bekerja di wilayah gedung perkantoran. Salah satunya di Kabupaten Tangerang. "Posisi di kantor daerah Bandara Soetta juga berasa," kata salah satu warga, Diah. 

Sementara warga lainnya yang tinggal di Maja, Lebak bernam Ayu, mengaku tidak merasakan apa-apa. 

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,5 Guncang Sukabumi

Hingga pukul 10.25 WIB, tidak ada gempa susulan

Gempa Sukabumi Juga Terasa di Sebagian Wilayah BantenIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Dikutip dari laman BMKG, tidak ada gempa susulan hingga pukul 10.25 WIB. 
 
"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan pers.

Selain itu, warga juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal kamu cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," demikian kata dia. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya