Ini Nama Pengganti Pejabat Kemenkumham Banten yang Dicopot

Pencopotan pejabat buntut dari napi kabur

Tangerang, IDN Times - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) merotasi dan memutasi pejabat, khususnya di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Banten.

Rotasi tertera dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-46.KP.03.03 Tahun 2021 tanggal 14 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Rotasi dan mutasi ini dilakukan setelah adanya dugaan pelanggaran Standar Operasional Prosedur (SOP) pada kasus kaburnya narapidana bernama Adami Bin Malik atau Adam B Musa dari Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I A Tangerang pada 8 Desember lalu.

Baca Juga: Buntut Kaburnya Napi, 2 Pejabat Tinggi Kemenkumham Banten Dicopot 

1. Ini nama-nama pejabat Kemenkumham Banten yang baru

Ini Nama Pengganti Pejabat Kemenkumham Banten yang DicopotDok. Kemenkumham

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulis mengatakan, rotasi dimaksudkan sebagai upaya penyegaran organisasi serta bentuk dari tanggung jawab, transparansi dan akuntabilitas Kemenkumham dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Dalam SK rotasi tersebut, Kepala Kanwil (Kakanwil) Banten Agus Toyib digantikan oleh Tejo Harwanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kakanwil Kalimantan Selatan.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Nirhono Jatmokoadi digantikan oleh Masjuno, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv PAS Kanwil Papua Barat.

Adapun posisi Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang yang sebelumnya kosong akan diisi oleh Asep Sutandar, yang sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Kelas I Madiun.

Baca Juga: Napi yang Kabur dari Lapas Tangerang Terlibat 2 Kasus Narkotika 

2. Pejabat yang diganti masih tetap bekerja di Ditjen PAS

Ini Nama Pengganti Pejabat Kemenkumham Banten yang DicopotDok. Kemenkumham

Beberapa pejabat yang diganti untuk sementara ditempatkan di Ditjen Pemasyarakatan.

"Rotasi ini merupakan salah satu cara Kemenkumham menyikapi dinamika yang terjadi baik di internal maupun eksternal sehingga dengan demikian organisasi dapat terus berkembang menjadi entitas yang lebih baik sesuai harapan dan tuntutan masyarakat," kata Andap.

3. Rotasi mutasi diharap bawa perubahan dan mampu tingkatkan kepercayaan masyarakat

Ini Nama Pengganti Pejabat Kemenkumham Banten yang DicopotLembaga Pemasyarakatan Tangerang (dok. ANTARA News)

Andap menyampaikan rotasi dan mutasi jabatan khususnya di kanwil Banten, diharapkan akan membawa perubahan dan mampu meningkatkan kepercayaan dan mendapatkan legitimasi publik.

“Kakanwil yang baru dilantik segera laksanakan tugas. Tidak ada waktu bagi yang bersangkutan untuk santai-santai, tetapi langsung kerja, kerja dan kerja,” kata dia. 

Baca Juga: Napi Lapas Tangerang Kabur, Ada Dugaan Pelanggaran SOP

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya