Iti Octavia: Lebak Jadi Contoh Warga Adat Rukun dalam Modernitas

Ini loh keunikan wilayah Lebak yang kamu harus tahu!

Lebak, IDN Times - Kabupaten Lebak merupakan salah satu wilayah di Provinsi Banten yang secara geografis berbatasan langsung dengan banyak wilayah. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya pun mengungkap sejumlah keunikan wilayah pimpinannya itu. 

Iti menjelaskan, Lebak berbatasan dengan beberapa daerah dan provinsi lain. Di utara berbatasan dengan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Pandeglang dan bagian selatan wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia.

Sama dengan banyak wilayah di Indonesia, Lebak memiliki banyak banget objek wisata alam yang memukau. Mulai dari gunung sampai pesisir pantai. Tapi apa sih yang menjadi keunikan dan perbedaan dari wilayah lain di Indonesia?

Baca Juga: Jumlah Siswa SD yang Putus Sekolah di Lebak Naik Selama Pandemik 

1. Keunikan Lebak terletak pada masyarakat adatnya

Iti Octavia: Lebak Jadi Contoh Warga Adat Rukun dalam ModernitasANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Menurut Bupati Iti, keunikan Lebak terletak masyarakat yang mendiaminya. Utamanya adalah masyarakat adat yang memegang teguh budaya tradisional namun tidak tertinggal oleh zaman.

"Yang kita miliki seperti Suku Baduy, yang menjaga adat yaitu Baduy luar, Baduy dalam. Kemudian juga ada kasepuhan Banten Kidul," kata Iti dalam live Instagram bertajuk #SalamRamadan Cerita Indonesia bersama Pimpinan Redaksi IDN Times, Zulfiani Lubis, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Kasepuhan Cisungsang, Masyarakat Pedalaman di Kaki Gunung Halimun  

2. Tradisi masyarakat adat jadi daya tarik wisata

Iti Octavia: Lebak Jadi Contoh Warga Adat Rukun dalam ModernitasWarga Baduy Dalam menunggu wisatawan di Desa Kanekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Mereka masyarakat adat, selain melestarikan adat, juga menjadi daya tarik wisata loh setiap kali mereka mengadakan ritual khusus. Salah satunya yakni, Seba Baduy. Dimana masyarakat suku Baduy berbondong-bondong mendatangi Bupati Lebak dan Gubernur Banten untuk memberikan hasil panen mereka. Tradisi ini sendiri memiliki akar sejarah yang panjang.

"Selain itu ada Kasepuhan Banten Kidul mereka itu ada tradisi Seren Tahun sebagai wujud syukur hasil panen dan lain sebagainya," kata Iti.

Baca Juga: Di Balik Ritual Kawalu Suku Baduy Dalam, Doa dan Puasa untuk Indonesia

3. Lebak jadi contoh masyarakat adat yang berdampingan dengan moderenitas

Iti Octavia: Lebak Jadi Contoh Warga Adat Rukun dalam ModernitasIDN Times/Muhamad Iqbal

Bagi Iti, masyarakat Lebak memberi contoh bagi kita bagaimana masyarakat yang berpegang teguh pada tradisi dan warisan leluhurnya bisa hidup berdampingan dengan modernitas tanpa ada gesekan dalam masyarakat itu sendiri.

"Nah ini sebetulnya menjadi satu kekayaan bukan hanya untuk Lebak tapi juga untuk Indonesia dan juga dunia," kata Iti.

Baca Juga: Lebak Mulai Kelas Tatap Muka, Dindik: Belum Semua Sekolah 

Nah itu dia keunikan khas yang ada di Kabupaten Lebak, Banten. Jadi kapan kamu meluangkan waktu buat ke Lebak? Jangan lupa terus jaga kesehatan dan laksanakan protokol kesehatan yah.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya