Jamin Stok Oksigen, Pemkot Tangerang Gandeng Krakatau Steel 

Arief janji oksigen medis aman untuk Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bekerja sama perusahaan BUMN PT Krakatau Steel dalam menjaga ketersediaan pasokan tabung oksigen untuk rumah sakit di wilayah tersebut.

Hal itu dinyatakan oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menanggapi terjadinya krisis oksigen di beberapa fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Darurat Oksigen di Sejumlah Zona Merah COVID-19

1. Arief janji menjamin ketersediaan oksigen medis

Jamin Stok Oksigen, Pemkot Tangerang Gandeng Krakatau Steel Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Arief berjanji akan menjamin ketersediaan oksigen medis di Kota Tangerang. Kata Arief, Pemkot dibantu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bakal mendata rumah sakit yang terhambat atau terkendala perihal pasokan oksigen.

Terkait pengisian tabung oksigen itu, lanjut dia, merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang.

"Buat RS yang kesulitan nanti dikumpulin, dikoordinasi sama Dinkes. Sama temen-temen PUPR dibawa ke Krakatau Steel," kata dia.

2. Menteri BUMN akan pastikan stok oksigen aman

Jamin Stok Oksigen, Pemkot Tangerang Gandeng Krakatau Steel Menteri BUMN Erick Thohir dan delegasi Indonesia di UEA, Instagram/@erickthohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turun langsung untuk memastikan kontribusi BUMN dalam memenuhi kebutuhan oksigen dan obat-obatan yang diperlukan di tengah pandemik COVID-19.

Selain memastikan distribusi dan harga obat yang memadai lewat BUMN sektor farmasi, BUMN juga ikut memastikan ketersediaan tabung oksigen untuk sejumlah rumah sakit.

Menurut Erick, beberapa perusahaan yang terlibat termasuk perusahaan BUMN strategis seperti Pertamina Group yang termasuk di dalamnya adalah PGN, Krakatau Steel, dan Pupuk Indonesia Group yang di dalamnya ada Petrokimia dan juga PUSRI.

Selain itu, Pelindo juga ikut aktif dalam infrastruktur logistiknya.

3. BUMN bergerak cepat

Jamin Stok Oksigen, Pemkot Tangerang Gandeng Krakatau Steel Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Erick menjelaskan bahwa Pertamina Group selain mengalokasikan infrastrukturnya untuk memperlancar alokasi dan distribusi oksigen ke lokasi-lokasi yang membutuhkan melalui PGN, juga memberikan bantuan dan oksigen. Sementara Pupuk Indonesia Group sudah mengirimkan total 96.73 ton oksigen ke Rumah Sakit yang ada di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Selain itu, Krakatau Steel yang memiliki alokasi oksigen yang cukup besar, yang selama ini digunakan sebagai bagian proses produksi baja, telah mengalihkan kapasitas oksigennya untuk membantu ketersediaan oksigen di rumah sakit.

“BUMN bergerak cepat di segala lini. Ini terutama untuk membantu ketersediaan oksigen.  Beberapa perusahaan BUMN sudah menyalurkan oksigen ke sejumlah wilayah yang membutuhkan,” ujar Erick, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Pemkab Tangerang Dapat Tambahan 50.000 Alat PCR Test dari Kemenkes

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya