Comscore Tracker

Jelang Akhir Tahun, 17 Raperda di DPRD Lebak Belum Rampung

Dewan: ada enggak anggarannya, dari dinas teknisnya?

Lebak, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak menargetkan pembentukan 17 peraturan daerah (perda) selama tahun 2022, yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Lebak Peri Purnama mengatakan, hingga saat ini dari 17 target rancangan perda (raperda) itu, satu pun belum ada yang rampung hingga teregister.

"Ada 17 raperda, pengajuan eksekutifnya kan ada 12, inisiatif dewannya lima," kata Peri kepada IDN Times.

Baca Juga: Mengenal Lebak Parahiang, Pernah Jadi Ibu Kota Lebak

1. Banyak hambatan dalam pembentukan perda

Jelang Akhir Tahun, 17 Raperda di DPRD Lebak Belum RampungUnsplash

Peri mengungkapkan, banyak hambatan yang menyebabkan belasan target raperda itu belum rampung, bahkan belum digarap. Hambatan itu, kata Peri, termasuk kesiapan anggaran hingga perubahan nomenklatur aturan di atasnya.

"Ada enggak anggarannya, dari dinas teknisnya? Kalau dinas teknisnya mengajukan usulan perda, kalau dia belum ada penganggarannya, maka belum bisa berjalan," kata Peri.

Dia juga menegaskan, membuat perda tidak semudah membalikkan telapak tangan. "Soalnya harus ada naskah akademik juga," lanjutnya.

2. Lima rancangan perda usulan belum dibahas, 12 belum dipansuskan

Jelang Akhir Tahun, 17 Raperda di DPRD Lebak Belum RampungIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Peri memastikan, lima target raperda usulan DPRD pun saat ini belum masuk pembahasan."Dibahas juga belum," kata dia.

Adapun 12 target perda yang diusulkan eksekutif saat ini, Peri menyebut belum masuk ke tahap pembentukan panitia khusus atau pansus.

"Jangankan untuk dipansuskan, kadang-kadang saya bilang ya namanya juga udah keluar, kan itu namanya juga rencana. Belum tentu dia ada dana dan naskah akademik," kata dia.

3. Minim komunikasi jadi salah satu hambatan

Jelang Akhir Tahun, 17 Raperda di DPRD Lebak Belum RampungKantor Bupati Lebak (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Disayangkan pula pada pelaksanaan Propemperda masih sangat minim komunikasi yang efektif, antara legislatif dan eksekutif.

"Kesiapan mereka gimana? Dan kesiapan mereka sejauh apa? Sekarang pada mau pembahasan mereka (eksekutif) terbentur agenda-agenda," ungkapnya.

Baca Juga: Dari 23 Raperda, DPRD Tangsel Baru Rampungkan 5 Perda

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya