Kerja sama dengan ESDM, Pemkot Tangsel Buka Road Map Net Zero Emission

Tak hanya ESDM, beberapa NGO juga digandeng Pemkot Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) memulai kerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Global Building Performance Network (GBPN) dalam mengembangkan peta jalan (roadmap) efisiensi energi untuk bangunan gedung di Tangerang Selatan.

Kolaborasi ini adalah bagian dari kerja sama antara Kementerian ESDM dan GBPN untuk membantu Indonesia mewujudkan Net Zero Emissions (NZE) dan target Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2060, dari sektor bangunan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan dipilih sebagai kota percontohan dalam program Kementerian ESDM ini dikarenakan pertumbuhan kota yang cepat dan banyaknya bangunan gedung yang sedang dibangun yang berpotensi menghasilkan emisi CO2 yang cukup signifikan.

Hal ini dijelaskan Wali Kota Benyamin Davnie saat membuka kick off meeting proyek pengembangan peta jalan kebijakan bangunan nol emisi karbon di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Rabu (31/8/2022).

 

1. Program ini penting untuk Tangsel yang berkembang pesat

Kerja sama dengan ESDM, Pemkot Tangsel Buka Road Map Net Zero EmissionDok. Pemkot Tangsel

Benyamin mengatakan, program ini sangat relevan dan penting untuk Kota Tangsel karena dapat memberikan arah kebijakan yang tepat dalam membantu Kota Tangerang Selatan dan masyarakatnya dalam melakukan penghematan energi dari bangunan.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena Tangsel merupakan kota yang berkembang pesat dan memiliki banyak proyek bangunan baru.

Dengan naiknya harga energi, penghematan energi menjadi solusi yang sangat penting dilakukan. Selain itu, upaya efisiensi energi ini dapat mengurangi pemanasan global dan dampak negatif perubahan iklim.

"Jika biaya energi dapat dihemat, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tangerang Selatan," ujarnya.

2. Tangsel jadi proyek percontohan

Kerja sama dengan ESDM, Pemkot Tangsel Buka Road Map Net Zero Emissiondok. Pemkot Tangsel

Benyamin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan proyek percontohan ini sebaik mungkin dan mendukung upaya pengumpulan data, serta memfasilitasi berbagai workshop dan konsultasi publik sampai tersusunnya Peta Jalan ini.

Kolaborasi ini diharapkan akan mendorong momentum transisi kota yang lebih berkomitmen mengurangi emisi karbon dari sektor bangunan.

"Proyek percontohan ini akan menjadikan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebagai model untuk kota-kota lain di Indonesia, menginisasi perubahan pada tingkat daerah melalui pengembangan peta jalan efisiensi energi untuk bangunan di tingkat kota," kata dia.

Penasihat Senior GBPN Indonesia, Sandra Pranoto menjelaskan bahwa komitmen GBPN untuk mempercepat pencapaian berbagai target ini melalui penyediaan bantuan teknis dan reformasi kebijakan menggunakan pendekatan bottom-up.

Kolaborasi ini dimulai pada bulan Agustus 2022 dan melalui kerja sama ini, GBPN berharap dapat membantu kota Tangerang Selatan untuk menjadi salah satu kota pertama di Indonesia yang memiliki peta jalan dalam mendorong pertumbuhan bangunan yang hemat energi.

"Nantinya keberhasilan program ini di Kota Tangerang Selatan akan menjadi contoh bagi kota lainnya di Indonesia,” kata Sandra Pranoto.

GBPN adalah organisasi non-pemerintah (NGO) global yang berfokus memberikan bantuan teknis dan masukan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan bangunan gedung yang lebih efisien dalam penggunaan energi dan sumber daya lainnya.

Baca Juga: Kejari Tangsel Tetapkan Mantan Kepsek di Tangsel Tersangka Korupsi PIP

3. Pemkot sudah tunjuk OPD sebagai pelaksana kegiatan ini

Kerja sama dengan ESDM, Pemkot Tangsel Buka Road Map Net Zero EmissionIDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Direktur Konservasi Energi EBTKE Ni Luh Puspa Dewi menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Tangsel yang berkomitmen mewujudkan Net Zero Emissions. Oleh karenanya, kerja sama ini harus segera dilaksanakan.

"Sektor energi memiliki kewajiban menurunkan emisi. Hal itu dilakukan dengan dua pendekatan yaitu dari sisi demand, pengguna energi dan dari sisi suply, penyedia energi," jelasnya.

Kedua pendekatan tersebut dilakukan secara bersama melalui kebijakan transisi energi. Penggunaan energi sektor transportasi, industri, rumah tangga dan sektor komersial sangat berperan mencapai target Net Zero Emissions.

Untuk mendukung implementasi proyek ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menunjuk BAPPELITBANGDA sebagai Leading Agency dan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang; Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Modal dan PTSP sebagai pelaksana teknis.

Kolaborasi ini juga akan menyediakan pelatihan dan konsultasi yang melibatkan pemangku kepentingan yang lebih luas di Tangerang Selatan seperti pengembang swasta, universitas lokal, para ahli konstruksi, dan segenap pemangku kepentingan lain.

Baca Juga: PKS Minta Pemkot Tangsel Bikin Strategi Optimalisasi Belanja Daerah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya