Comscore Tracker

Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota Tangerang

DPRD: tambah RSUD Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo menyebut pelayanan kesehatan di Kota Tangerang sudah baik, namun memang perlu ditingkatkan terlebih dalam situasi pandemik COVID-19 seperti ini.

"Pemkot juga harus siapkan langkah-langkah yang strategis, cepat dan taktis. Wali Kota bilang sih, mereka sedang mengkaji tentang puskesmas rawat inap yang di Jurumudi Benda untuk dijadikan tempat penanganan COVID-19 dan mungkin sedang dikaji jadi RSUD," kata Gatot, saat dihubungi IDN Times, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

1. DPRD sudah minta Pemkot Tangerang tambah RSUD

Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota TangerangIlustrasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Gatot mengatakan, pihaknya sudah mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk kembali menambah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang saat ini baru satu unit dan bersatus tipe C.

"Teman-teman Komisi II juga kan sudah secara resmi menyampaikan minta hasil kajian dan mendorong agar Pemkot untuk kembali membangun RSUD," kata dia.

Baca Juga: DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota Tangerang

2. Pemerataan layanan kesehatan harus dilakukan Pemkot Tangerang

Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota TangerangIlustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Gatot mengungkap, pihaknya mendorong agar ada pemerataan pada layanan kesehatan di Kota Tangerang. Gatot mengungkapkan beberapa daerah di sudut-sudut Kota Tangerang belum terlayani dengan baik.

"Karena mungkin jumlah penduduk di Kota Tangerang cukup padat dan penyebarannya juga cukup banyak. Karena rumah sakit umum daerah adanya di tengah kota belum sampai yang di daerah-daerah pojok-pojok," kata Gatot.

3. DPRD ingatkan Pemkot Tangerang agar tak lupakan penyakit lain, meski ada pandemik COVID-19

Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota TangerangIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Gatot juga meminta Pemkot Tangerang agar tak melupakan pelayanan kesehatan masyarakat pada penyakit lain yang berbahaya meski saat ini kasus COVID-19 di Kota Tangerang terus meningkat.

"Penyakit bukan hanya COVID-19 aja ada juga yang lain. Jadi kita minta Dinkes jangan sampai lalai memberikan pelayanan kesehatan. Jangan sampai karena COVID-19 pelayanan kesehatan yang lain jadi hilang. Tetap harus maksimal," ungkapnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Penambahan RSUD Kota Tangerang, Kadinkes: Saya Pusing 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya