Comscore Tracker

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin Rachmi

Airin ingin fokus urus anak, partai dan lanjut kuliah S3

Tangerang Selatan, IDN Times - Airin Rachmi Diany resmi menanggalkan jabatannya sebagai Wali Kota Tangsel pada 20 April 2021. Airin sendiri menjabat sebagai Wali Kota Tangsel selama dua periode bersama wakilnya Benyamin Davnie.

Dalam perjalanan kariernya, Airin dikenal sebagai sosok yang tangguh di tengah kontroversi orang-orang terdekatnya. Salah satunya, sang suami Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan yang kini mendekam di penjara lantaran sejumlah tindak pidana korupsi. 

Tak hanya sang suami, kakak iparnya, Ratu Atut Choisiyah yang saat itu menjabat Gubernur Banten, turut terseret kasus korupsi bersama Wawan.

Inilah beberapa fakta menarik mantan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang dirangkum IDN Times.

Baca Juga: Nama-nama Dinasti Ratu Atut di Banten

1. Airin pernah jadi Puteri Indonesia dari Jawa Barat

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Dalam website pribadinya airinrachmidiany.com, Airin tercatat pernah menjadi Puteri Indonesia dan Mojang Priangan. Ia dinobatkan sebagai Puteri Pariwisata dan Puteri Favorit dalam ajang Puteri Indonesia pada 1996.

Sebelumnya, ia juga pernah terpilih sebagai Mojang Provinsi Jawa Barat 1995 dan Mojang Parahyangan Kodya Bandung 1995.

Baca Juga: KPU Tetapkan Benyamin-Pilar Pemenang Pilkada Kota Tangsel

2. Sebelum jadi wali kota, Airin berprofesi sebagai notaris

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiWali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (ANTARA News)

Sebelum terjun ke dunia politik dan terpilih dua kali sebagai wali kota Tangsel, ibu dua anak ini pernah berprofesi sebagai notaris dan pejabat pembuat akta tanah di Kabupaten Tangerang sejak 2004 hingga 2009.

Bahkan, semasa menjalani pendidikan SP-1 Notariat, Airin juga sempat menjadi asisten notaris di kantor Imas Tarwiyah, SH, MH pada 1999.

3. Airin memulai karier politik di Pilbup Tangerang

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiWali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Karier politik Airin bermula dari keikutsertannya dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada 2008. Kala itu, dia harus mengakui keunggulan pasangan  Ismet Iskandar-Rano Karno.

Ismet adalah ayah dari Bupati Tangerang saat ini, Ahmad Zaki Iskandar.

4. Airin menjabat Wali Kota Tangsel dari 2009 pada saat kota itu baru terbentuk

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiIDN Times/Muhamad Iqbal

Kekalahannya di Kabupaten Tangerang jadi pelajaran berharga untuk Airin. Kesempatan datang ketika tahun 2009, Tangerang Selatan resmi jadi kota pemekaran dari induknya Kabupaten Tangerang.

Satu tahun kemudian kota tersebut mencari pemimpin pertamanya. Digelarlah pemilihan wali kota pertama pada 2010. Kesempatan ini menjadi peluang Airin untuk mencalonkan dari sebagai wali kota.

Airin akhirnya berhasil menduduki jabatan sebagai wali kota setelah ia dan pasangannya, Benyamin Davnie, berhasil memperoleh suara terbanyak.

5. Airin ingin fokus urus anak dan lanjut kuliah S3

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiAirin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan melakukan pencoblosan di TPS pada Rabu (9/12/2020) (IDN Times/Yudi)

Usai masa baktinya berakhir, Airin menyebut dia akan fokus mengurus kedua anaknya dan melanjutkan kuliah S3 di Bandung.

6. Airin sebaga pengurus DPP Golkar juga akan sibuk urus partai

Masa Jabatan Usai, Ini 6 Fakta Wali Kota Tangsel Airin RachmiWali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Selain fokus ke kuliah dan anak, ia juga memiliki kegiatan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Baca Juga: Jalan Ciater Raya Diusulkan Ganti Nama Jadi Jalan Airin  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya