Pancong Riverside, Kue Modern Kreasi Milenial Tangerang

Irfan menjajakan panganannya di tepian Sungai Cisadane

Kota Tangerang, IDN Times – Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang pada sektor pangan semakin menggeliat. Sebagai salah satu kota yang dikenal dengan sentra wisata kulinernya, pelaku usaha kuliner di Tangerang berduyun-duyun mengeluarkan panganan nikmat, menarik, dan dikemas dengan konsep yang ciamik.

Salah satunya yakni, hadirnya Pancong Riverside yang berlokasi di kawasan kuliner Kampung Bekelir, bantaran Sungai Cisadane, Jalan Kalipasir, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Tak seperti pancong kue tradisional pada umumnya, Pancong Riverside disajikan dengan konsep kekinian dan pilihan rasa yang lebih beragam.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah di Tangerang, Hemat Banget! 

1. Mencintai kuliner tradisional jadi alasan memulai usah

Pancong Riverside, Kue Modern Kreasi Milenial TangerangOwner Pancong Riverside, Achmad Irfan Fauzi, kedua dari kiri (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Pemilik usaha Pancong Riverside ini adalah Achmad Irfan Fauzi, 27 tahun. Dia mengungkap, alasannya memulai usaha kuliner kue pancong modern ini lantaran dia memang menyukai makanan tradisional. Dari kesukaannya itu, Irfan yakin hal itu bisa menjadi cara ia mendapat pundi-pundi keuntungan.

Selain itu, dia ingin turut serta menggairahkan perekonomian di lokasi wisata Kampung Bekelir yang merupakan tempat tinggalnya dan juga misi lainnya adalah ia ingin menjadi mengentaskan pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan melalui bisnis ini.

"Hampir sering saya datangi tempat-tempat kue pancong untuk menikmati makanan ini. Ya, makanya saya buka saja. Di sisi lain, saya ingin memajukan perekonomian di kampung kelahiran saya. Sebab, melalui Pancong Riverside ini bisa melengkapi aneka pilihan kuliner di kawasan menuju Pasar Lama ini, sehingga diharapkan mampu menambah daya tarik bagi wisatawan," kata Irfan.

2. Permodalan jadi salah tantangan pengembangan usaha

Pancong Riverside, Kue Modern Kreasi Milenial Tangerangilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pemuda lulusan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) tahun 2020 ini memulai usaha dengan modal Rp10 juta dari hasil tabungannya selama bekerja usai lulus kuliah. Permodalan terbatas dia akui jadi salah satu tantangan pengembangan usahanya.

"Jadi tantangannya sih kita ada keterbatasan untuk pengembangan alat atau mungkin buat upaya meracik rasa baru, ya butuh lebih lah kalau itu," kata Irfan.

Sementara itu, Manager Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Tangerang Ahmad Yani, Victor Butar Butar menjelaskan, BRI memiliki solusi pada permasalahan permodalan pada UMKM. Sebab, kata Victor, pihaknya melihat UMKM sebagai mitra usaha yang saling menguntungkan.

Di tahun 2023 ini sampai dengan April 2023 saja, BRI Kantor Cabang Tangerang Ahmad Yani telah menyalurkan pinjaman KUR, Kupra, dan Kupedes dengan plafon sampai dengan Rp500 juta, dengan total debitur dan total pinjaman sebesar 6.126 debitur dengan plafon Rp245,408 miliar.

Victor pun mengungap cara dan langkah agar pelaku UMKM bisa mengakses permodalan BRI. 

Pertama, pelaku UMKM bisa langsung datang ke kantor unit kerja BRI dimana UMKM tersebut berdomisili untuk mengajukan permohonan pinjaman. "Atau juga bisa melalui Agen Brilink yang akan di teruskan ke unit kerja BRI penyaluran pinjaman," ungkapnya.

Victor menjelaskan, pelaku UMKM bisa mengajukan pinjaman sesuai kebutuhannya. Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro bisa dilayani sampai dengan plafon Rp100 juta tanpa agunan.

"Jika kebutuhan pinjaman diatas Rp100 juta bisa mengajukan KUR kecil di kantor cabang BRI sampai 500 juta dengan agunan surat tanah atau surat kendaraan," kata dia.

3. Tertarik? nih catat alamatnya

Pancong Riverside, Kue Modern Kreasi Milenial TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Kamu yang mau cobain kue pancong dari Pancong Riverside ini gak perlu merogoh kocek dalam. Dengan harga yang relatif terjangkau-- yakni mulai dari Rp7 ribu untuk setiap satu porsi-- kamu sudah bisa cobain cemilan nikmat ini.

"Sesuai namanya, makan kue pancong di Pancong Riverside tentunya bisa sambil menikmati suasana Sungai Cisadane," tuturnya.

Selain kue pancong, kamu juga memilih menu jajanan ataupun makanan lainnya, seperti roti bakar dan pisang bakar dengan rasa sesuai permintaan yang dibanderol dengan harga Rp10 ribu untuk setiap porsinya.

"Ada juga mie, sosis bakar, kentang goreng, dan dimsum. Lalu tersedia juga aneka minuan seperti kopi, teh, susu jahe, sampai jus," jelasnya.

Kata Irfan, Pancong Riverside buka setiap hari dengan waktu operasional mulai pukul 14.00 WIB sampai 23.00 WIB.

"Kami siap melayani anda. Jadi, kami tunggu kedatangan kalian. Mari menikmati kue legenda yang sudah diinovasikan secara modern dengan nuansa suasana pinggir sungai," kata dia.

Baca Juga: Cerita Inspiratif Yeni Syafitra, Perajin Tas Ecoprint dari Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya