Pasca Lebaran, Ada Klaster ART di Tangsel 

Mereka ditampung di RLC Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Rumah Lawan COVID-19 (RLC) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini tengah merawat 60 pasien COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG). Salah satu dokter jaga di RLC Tangsel, Azahrah Purnamaladi menyebut, penghuni RLC itu terdiri dari 20 orang laki-laki dan 40 orang perempuan.

Azahrah mengatakan, peningkatan pasien perempuan di RLC mencapai 100 persen dari waktu-waktu sebelumnya. "Sebelum lebaran itu H-1 atau H+1 lebaran kuota menurun sampai cuma 15 pasien, 20 pasien. Satu pekan setelah lebaran itu meningkatnya cukup drastis," kata Azahrah, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Warga Tangsel Pasang Spanduk, Minta Pemudik Isolasi Mandiri 

1. Rata-rata penghuni RLC adalah ART

Pasca Lebaran, Ada Klaster ART di Tangsel ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Dari keseluruhan pasien yang tengah dalam proses isolasi terpadu ini, menurut Azahrah,   mayoritas berprofesi sebagai asisten rumah tangga.

“Makanya sekarang sudah 60 pasien kan dan itu rata-rata memang karena pembantu rumah tangga yang di-swab oleh majikannya, klaster ART,” ungkap Azahrah Purnamaladi, Rabu (2/6/2021).

2. Mereka diduga terpapar saat berangkat ke Tangsel

Pasca Lebaran, Ada Klaster ART di Tangsel Ilustrasi mudik. IDN Times/Imam Rosidin

Ia menyebut, ART yang terpapar COVID-19 baru pertama kali ke Jakarta. Setibanya di ibu kota, mereka langsung diarahkan untuk swab antigen, kemudian diketahui terpapar COVID-19.

Azahrah menduga ART terpapar saat di kampungnya atau perjalanan menuju Kota Tangsel. Diketahui pula, rata-rata mereka menumpang kendaraan pribadi atau mobil travel saat hendak ke Tangsel.

“Biasanya menggunakan travel ya. Kan kalau di travel biasanya gak perlu swab antigen kadang-kadang,” ujarnya.

3. Pasca lebaran peningkatan kasus masih terjadi

Pasca Lebaran, Ada Klaster ART di Tangsel Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Azahrah memastikan pasca lebaran peningkatan kasus masih terus terjadi. Biasanya kita sempat saat lebaran itu di bawah lima.

“Tapi pas kemarin lima sampai 15, jadi sempat juga 15. Di atas lima rata-rata per harinya,” jelasnya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Strain India di Tangsel Sudah Sembuh Sejak 17 April

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya