Pemkot Tangerang Bantah Ada Kenaikan Kasus COVID-19 Selama November 

Kata Kadinkes Kota Tangerang kasus COVID-19 tak signifikan 

Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni membantah penyataan pihak Juru Bicara Satgas COVID-19 menyatakan ada peningkatan signfikan kasus COVID-19 di Kota Tangerang.

"Kalau dari data kita, tidak ada kenaikan yang signifikan Kasus COVID-19 bila dibanding wilayah Tangsel. Dimana di Kota Tangerang angkanya (peningkatan kasus) masih stabil antara 2-5 kasus. Jadi dasarnya apa kalau bilang di Kota Tangerang ada lonjakan kasus COVID-19 selama 7 hari belakangan," kata Dini, Kamis (11/11/2021).

Diketahui, Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan ada tren kenaikan angka kasus COVID-19 selama periode 1-7 November 2021 berdasar analisis 7 Days Moving Average (DMA) diberbagai wilayah di Jawa/Bali selama 7 hari belakangan salah satunya Kota Tangerang.

1. Dini: lonjakan kasus di Kota Tangerang dan Tangsel tidak signifikan

Pemkot Tangerang Bantah Ada Kenaikan Kasus COVID-19 Selama  November ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Namun demikian, Dini berharap wilayah Kota Tangerang tidak terjadi lonjakan kasus yang signifikan. Sebab kata dia, angka kasus masih berada di bawah wilayah Kota Tangerang Selatan.

"Coba dibandingkan dari tanggal 1 hingga 7 November di Kota Tangerang itu angkanya 1, 5, 1, 4, 3, 5, 4 sementara di Kota Tangerang Selatan 2, 7, 11,
7, 2, 11, 4. Jadi ini harus diperjelas lagi data kapan (peningkatan kasus) dan dimana mengeluarkan datanya," tandas Dini.

2. Begini penjelasan Jubir Satgas

Pemkot Tangerang Bantah Ada Kenaikan Kasus COVID-19 Selama  November Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan beberapa kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali mengalami tren kenaikan kasus COVID-19.

Daerah penyumbang terbanyak berasal dari 10 kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan tren kenaikan kasus tertinggi. Hal tersebut terlihat berdasarkan analisis 7 Days Moving Average (DMA) per 1 hingga 7 November 2021.

“Terlihat penyumbang terbesar kabupaten/kota meningkat berasal dari Jawa Tengah yaitu memiliki 10 kabupaten/kota yang mengalami tren kenaikan kasus," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Selasa (9/11/2021).

Ia pun berpesan kepada Gubernur di lima provinsi di atas melakukan koordinasi dengan bupati atau walikota untuk melakukan koordinasi untuk menekan peningkatan kasus di masyarakat.

"Untuk terus membaca dan menganalisis data dari 7 days moving average ini dengan cara membandingkan rata-rata kasus harian selama 7 hari dengan rata-rata kasus harian COVID-19 selama 7 hari sebelumnya," ujar dia.

3. Berikut daftar wilayah alami kenaikan kasus COVID-19

Pemkot Tangerang Bantah Ada Kenaikan Kasus COVID-19 Selama  November Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Berikut daftar kabupaten/kota yang mengalami tren peningkatan kasus COVID-19:

Banten

Lebak
Kota Tangerang
DKI Jakarta

Jakarta Selatan
Jakarta Timur
Jakarta Barat
Jawa Tengah

Banjarnegara
Boyolali
Grobogan
Temanggung
Tegal
Wonosobo
Karanganyar
Blora
Kendal
Kota Surakarta
Jawa Barat

Sukabumi
Cirebon
Sumedang
Bekasi
Kota Bogor
Kota Bekasi
Kota Depok
DI Yogyakarta

Kulonprogo
Bantul
Jawa Timur

Banyuwangi
Madiun
Bojonegoro
Trenggalek
Mojokerto
Ngawi
Pamekasan

Baca Juga: 7 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dirawat di RSU Tangerang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya