Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan  

Tunggu informasi kelurahan penyelenggara selanjutnya yah!

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelar job fair tingkat kelurahan yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap di 104 kelurahan, 13 kecamatan.

“Dari job fair virtual yang terus kita lakukan sudah menyerap sekitar 5.126 pencari kerja, dari total 24.977 lowongan yang tersedia. Dan sekarang kita coba bangkitkan semangat kewilayahan dengan Job Fair di setiap kelurahan ini,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: 15 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Job Fair Universitas Pamulang

1. Poris Plawad kelurahan pertama yang selenggarakan kegiatan ini

Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan  IDN Times/Galih Persiana

Di kali pertama peluncurannya, Jumat (26/11/2021) Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh menjadi kelurahan pertama dengan antusias pelaku usaha yang cukup tinggi. Mulai dari usaha mikro, kecil, menengah, sedang hingga berat.

“Dari pendekatan yang kami lakukan kepada ragam pelaku usaha. Ada sekitar 29 lowongan pekerjaan, dengan 16 formasi jabatan, serta sembilan perusahaan. Jumlah ini hanya dari kelurahan saja,” Kata Camat Cipondoh, Rizal Ridolloh.

2. Ada 487 lowongan kerja yang tersedia

Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan  Pencari kerja mencari informasi lowongan kerja di area 'Job For Career Festival', di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9). Bursa lowongan kerja bertajuk Jakarta Spektakuler tersebut diikuti lebih dari 120 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta skala nasional maupun internasional dengan harapan dapat mengurangi pengangguran. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sedangkan, lanjutnya, pihak Dinas Ketenagakerjaan juga turut menyumbang lowongan pekerjaan yang berasal dari perusahaan besar seperti, PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Tri Adi Bersama (Anteraja) hingga PT. Gudang Ada Globalindo.

“Untuk perusahaan besar atau seperti PT, Disnaker menyumbang empat perusahaan, dengan 15 formasi jabatan dan 458 lowongan. Sehingga, kalo ditotal ada 487 lowongan peekrjaan,” lanjut Rizal.

3. Pencari kerja akui lebih enak ada job fair tingkat kelurahan

Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan  Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memantau pelaksanaan PTM tingkat SMP (Antara)

Selain antusias dari pelaku usaha, hal yang sama juga dirasakan bagi para pencari kerja. Terbukti di hari pertama sudah ada 102 pencari kerja yang mendaftar melalui aplikasi Tangerang LIVE .

“Selain melalui aplikasi, pencaker (pencari kerja) juga bisa mendaftar secara langsung atau On The Spot (OTS) di kantor kelurahan mulai hari ini sampai tiga hari ke depan sesuai jam operasional kantor kelurahan,” tambahnya.

Jaya Setyo, salah satu pelamar lulusan sistem informatika, merasakan kemudahan dari Job Fair tingkat kelurahan. Selain dekat dengan tempat tinggal, cara melamarnya pun terbilang mudah.

“Kemarin dapat info dari group RT, lalu coba download dan ikutin tahapan-tahapannya di aplikasi tersebut. Setelah itu, tadi sampai di lokasi juga tinggal scan QR saja di perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi diri kita. Jadi, emang cukup mudah dan praktis,” kata dia.

Baca Juga: Terindikasi Cyber Crime, 24 WN Afrika Ditangkap Imigrasi Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya