Pemkot Tangerang Siagakan Petugas Mitigasi Banjir

Beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang mengerahkan petugas untuk mitigasi pencegahan banjir. Ini Merespons hujan deras yang turun beberapa hari terakhir. 

Tim mitigasi ini terdiri dari pegawai wilayah, BPBD, Dishub, PUPR, DLH, Disbudpar. Mereka  bersiaga di lapangan atau titik-titik yang berpotensi terjadi genangan bahkan banjir.

“Kami sudah antisipasi genangan dan banjir sebelum hujan datang, namun Jika hujan deras begini, apalagi saat ini terlihat banyaknya titik air kiriman dari wilayah Bogor dan Tangsel,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Program Pelatihan Kerja Gratis

1. Petugas dikerahkan untuk mengurangi potensi

Pemkot Tangerang Siagakan Petugas Mitigasi BanjirDok. Pemkot Tangerang

Maka, lanjut Ruta, secara otomatis semua petugas dikerahkan untuk melakukan mitigasi-mitigasi pencegahan.

"Untuk mengurangi potensi terjadinya genangan ataupun banjir," kata dia.

2. Ini fungsi petugas gabungan

Pemkot Tangerang Siagakan Petugas Mitigasi BanjirDok. Pemkot Tangerang

Ruta menyatakan, petugas gabungan OPD terkait di lapangan menormalisasi saluran air, pengangkutan sampah yang menghambat jalannya air, hingga mengatur lalu lintas di jalan raya yang terjadi genangan bersama petugas Dishub.

“Secara sistem kerja, pastinya semua sudah langsung terkoordinasi," kata dia.

Misalnya, petugas dari Dinas PUPR sudah langsung berada di lokasi rawan, serta Dinsos bersiaga menyiapkan bantuan, jika dibutuhkan bisa langsung didistribusikan. "Semoga hujan segera mereda dan tidak menimbulkan bencana banjir di Kota Tangerang,” kata dia.

3. Pompa turut disiagakan

Pemkot Tangerang Siagakan Petugas Mitigasi BanjirUji coba rumah pompa pengendali banjir di Muara Sungai Sekip Bendung 13 Ilir Palembang. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara itu, kesiapsiagaan akibat hujan deras yang melanda Kota Tangerang juga dilakukan jajaran wilayah atau kecamatan dan kelurahan. Seperti yang berlangsung di Kelurahan Panunggangan Utara yang langsung melakukan pengendalian air genangan dengan sistem penyedotan pompa.

“Warga dan jajaran kelurahan sudah bersiaga, di RT atau RW yang terjadi genanganan. Seperti hari ini, mesin pompa atau pengendalian genangan sudah siap siaga difungsikan di RT 01 dan RT 02 pada RW 05,” jelas Warji, Lurah Panunggangan Utara.

Baca Juga: Kota Tangerang Terpilih Dalam Program KaTa Kreatif Kemenparekraf

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya