Pemkot Tangerang Tanggung Biaya Pendidikan di 146 Sekolah Swasta

Siswa tak perlu risau jika tidak lolos sekolah negeri

Kota Tangerang, IDN Times - Guna mengantisipasi tidak tertampungnya siswa ke sekolah negeri baik SD maupun SMP negeri, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menanggung biaya di 146 sekolah.

"Tahun ini, untuk sekolah SMP dan MTs swasta total sebanyak 73 sekolah biaya pendidikannya sudah digratiskan. Sementara di tingkat SD atau sederajat, sebanyak 73 sekolah swasta," kata Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Senin (5/6/2023).

1. Masyarakat diminta tak perlu risau tidak siswa diterima di PPDB sekolah negeri

Pemkot Tangerang Tanggung Biaya Pendidikan di 146 Sekolah SwastaIlustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dengan banyaknya jumlah sekolah swasta yang digratiskan, lanjut Arief, masyarakat diharapkan tidak perlu lagi merasa risau untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah swasta karena terhalang faktor zonasi di sekolah negeri, terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Seyogianya sekolah negeri menjadi sekolah bagi masyarakat yang kurang mampu, sedangkan yang mampu diharapkan bisa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta," kata dia.

2. Pendidikan harus merata di swasta maupun negeri

Pemkot Tangerang Tanggung Biaya Pendidikan di 146 Sekolah SwastaIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Arief menegaskan, pihaknya berupaya optimal dalam memberikan kualitas pendidikan yang merata baik di sekolah negeri maupun swasta.

"Di negeri maupun swasta, kualitas pendidikannya sudah sama-sama baik dengan standar kurikulum yang juga sama," kata Arief.

3. Apa saja biaya yang ditanggung Pemkot Tangerang?

Pemkot Tangerang Tanggung Biaya Pendidikan di 146 Sekolah Swastailustrasi rupiah (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebagai informasi, adapun biaya pendidikan dan keperluan sekolah di sekolah swasta yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang meliputi uang pangkal, SPP, ujian, ulangan dan iuran praktik, layaknya di sekolah negeri.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK Negeri di Banten Segera Dibuka, Catat Waktunya  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya