Pemkot Tangsel Konfirmasi 5 Warganya Terpapar Varian Omicron

Dua warga terpapar dari transmisi lokal

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mengonfirmasi, ada lima warganya yang positif kasus COVID-19 varian Omicron. 

"Di Tangsel sudah ada 5 pasien Omicron. Dua isolasi di rumah masih, 3 di rumah sakit di Jakarta," kata Benyamin Davnie kepada IDN Times, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: COVID-19 Omicron Bisa Runtuhkan Ekonomi, Ini Langkah Pemkot Tangsel 

2. Tiga orang terpapar di perjalanan luar negeri

Pemkot Tangsel Konfirmasi 5 Warganya Terpapar Varian OmicronProtokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Benyamin mengatakan, tiga dari lima warga Tangsel terpapar saat melakukan perjalanan luar negeri. Dua sisanya terpapar akibat transmisi lokal.

Dua transmisi lokal dari anak buahnya, tapi anak buahnya ketemu orang luar Korea Selatan. Nah si anak buahnya ini ketemu sama si orang ini, akhirnya itu sudah terdeteksi Omicron," kata Benyamin.

2. Menkes: pasien Omicron tidak perlu dirawat di rumah sakit

Pemkot Tangsel Konfirmasi 5 Warganya Terpapar Varian OmicronMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sebagaimana diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa mayoritas pasien terkonfirmasi Omicron memiliki gejala ringan dan tidak bergejala. Karenanya pasien konfirmasi Omicron tidak membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit.

Pasien hanya perlu menjalani isolasi mandiri di rumah dengan diberikan suplemen vitamin maupun obat terapi tambahan yang telah diizinkan penggunaannya oleh pemerintah.

“Kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi daripada Delta, tetapi yang dirawat lebih sedikit. Sehingga strategi layanan dari Kemenkes dari yang sebelumnya ke RS sekarang fokusnya ke rumah. Karena akan banyak yang terinfeksi, namun tidak perlu ke RS,” tutur Menkes.

Baca Juga: Jelang Nataru, Bawang Hingga Cabai di Tangsel Naik Berkali Lipat

3. Ini 17 platform telemedicine

Pemkot Tangsel Konfirmasi 5 Warganya Terpapar Varian OmicronIlustrasi berkonsultasi dengan dokter (Sumber: afmc.org)

Untuk itu, Kemenkes bekerja sama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk mempercepat proses kesembuhan.

Platform tersebut yaitu Alodokter, Getwell, Good Doctor, Grabhealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok, Aido Health, Homecare24, Lekasehat, mDoc, Trustmedis, dan Vascular.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya