Comscore Tracker

Pertama di Pandeglang, Anak 6 Tahun  Tertular COVID-19 dari Pemudik 

Berstatus OTG, pasien itu diisolasi secara mandiri

Pandeglang, IDN Times - Seorang anak laki-laki berusia enam tahun asal Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, terkonfirmasi positif COVID0-19. Pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG) dari kalangan anak ini menjadi kasus yang pertama di Pandeglang.

"Pasien ini adalah OTG berusia enam tahun laki-laki dan ini pasien anak pertama di Pandeglang," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pandeglang, Ahmad Sulaeman, Minggu (7/6).

1. Anak itu tertular oleh pemudik yang datang dari Jakarta

Pertama di Pandeglang, Anak 6 Tahun  Tertular COVID-19 dari Pemudik Nana Suryana/IDN Times

Menurut Ahmad, anak tersebut tertular setelah kontak dengan pasien yang juga OTG. Ia ditularkan oleh pemudik yang baru saja pulang dari Jakarta.

"Dari informasi yang kita dapatkan, anak ini tertular dari OTG yang dari Jakarta. Ada kontak dengan OTG yang mudik," ujarnya.

Baca Juga: Jelang New Normal, 4.000 Pesantren di Banten Minta Dibuka

2. Anak itu langsung diisolasi secara mandiri

Pertama di Pandeglang, Anak 6 Tahun  Tertular COVID-19 dari Pemudik IDN Times/M Faiz Syafar

Sulaeman menjelaskan, saat ini pasien tersebut masih menjalani isolasi mandiri. Tim Gugus Tugas COVID-19 akan melakukan tracking pada anggota keluarga lain yang sempat melakukan kontak fisik.

Berdasarkan catatan tim Gugus Tugas COVID-19, hingga kini jumlah orang terkonfirmasi positif di Kabupaten Pandeglang mencapai lima orang. Satu orang meninggal, dua orang sembuh, dan dua orang masih dirawat. Sedangkan pasien dengan pengawasan (PDP) sebanyak 33 orang, dan 19 orang di antaranya telah sembuh. Sedangkan empat orang masih dirawat dan 10 orang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Bandara Beroperasi di Masa Pandemik, AP II Siapkan Cek Dokumen Digital

3. Pasien positif COVID-19 Lebak dinyatakan sembuh

Pertama di Pandeglang, Anak 6 Tahun  Tertular COVID-19 dari Pemudik Sejumlah petugas kepolisian berjaga di depan pintu masuk wisata ke Baduy di Desa Ciboleger, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sedangkan pasien positif COVID-19 warga Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis di RSUD Banten. Lebak tercatat sebagai wilayah di Banten yang belakangan terdapat pasien COVID-19 berjumlah dua orang. Pasien itu tertular COVID-19 dari wilayah Pandeglang, Banten.

Baca Juga: Jelang New Normal, Kapolda Banten Pantau Kesiapaan Mal

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya