Puluhan Karyawan Positif, Pabrik di Kota Tangerang Jadi Klaster Corona

Penularan karena ruangan AC tertutup

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengungkap, salah satu pabrik di wilayah Jatiuwung Kota Tangerang kini jadi klaster baru penyebaran COVID-19. Puluhan karyawan d pabrik itu positif COVID-19.

“Iya benar ada pabrik Kota Tangerang yang jadi klaster baru penyebaran COVID-19,” kata Arief, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: COVID-19 Terdeteksi di RW Lain di Pasar Kemis Tangerang, Klaster Baru?

1. Awalnya satu orang, setelah tracing jadi 43 orang

Puluhan Karyawan Positif, Pabrik di Kota Tangerang Jadi Klaster Coronailustrasi tes COVID-19 massal (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Arief mengatakan, berdasar pemeriksaan awal, karyawan yang positif di pabrik tersebut hanya 1 orang. Setelah itu, pihak perusahaan menggelar rapid test. 

“Awalnya 1 orang yang positif Covid, lalu di-tracing jadi 3 orang. Lalu sama perusahaannya diselenggarakan rapid test, hasilnya ada 60 orang yang reaktif. Lalu diambil tindakan swab/PCR dan hasilnya ada 43 orang yang ternyata positif,” jelasnya.

2. Arief: penularan akibat ruang tertutup ber-AC

Puluhan Karyawan Positif, Pabrik di Kota Tangerang Jadi Klaster CoronaWali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Arief mengatakan, penyebab penularan itu sendiri disebut karena para pegawai pabrik tersebut bekerja di ruangan tertutup ber-AC. “Mulai dari packing, pengepakan, pengisian dilakukan di ruangan ber-AC,” katanya.

Saat ini, lanjut Arief, pegawai di divisi yang puluhan karyawannya terpapar COVID-19 sudah dirumahkan dan diisolasi.

“Kami sudah lakukan swab, siapa saja yang terpapar sudah jelas. Sekarang tinggal melakukan pencegahan-pencegahan agar lebih optimal,” urainya.

Saat ini Disnaker Kota Tangerang kembali melakukan sweeping ke perusahaan-perusahaan untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan benar.

“Kami harap kesadaran semua pihak, cuci tangan dengan baik, pakai masker, dan menjaga jarak,” kata dia.

3. Tak semua buruh positif tinggal di Kota Tangerang

Puluhan Karyawan Positif, Pabrik di Kota Tangerang Jadi Klaster CoronaIlustrasi industri pabrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Arief mengatakan, 43 karyawan yang didiagnosa positif COVID-19 itu sendiri tak semua tinggal di Kota Tangerang, namun Arief tetap meminta pabrik lain menerapkan protokol kesehatan di manapun termasuk di tempat kerja.

“Dari 43 orang tersebut, hanya 17 orang yang tinggal di Kota Tangerang, sementara yang 26 orang tinggal di Kabupaten Tangerang. Namun kita tracking semua termasuk keluarganya. Dan semua divisi di pabrik-nya itu diliburin sementara,” kata Arief.

Baca Juga: Pesta Miras Oplosan Berujung Maut di Tangerang, 5 Orang Tewas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya