Comscore Tracker

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Jurnalistik JPC

Pelajar diharap tak terpengaruh berita bohong

Cilegon, IDN Times - 60 pelajar dan mahasiswa di Kota Cilegon ikuti pelatihan jurnalistik mengusung tema Mengenalkan Jurnalistik kepada Generasi Milenial. Kegiatan diselenggarakan Jurnalis Parlemen Cilegon (JPC) ini bertujuan mencegah para pelajar dan mahasiswa terpengaruh berita bohong atau hoaks

"Kami mengharapkan kegiatan pelatihan jurnalistik ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada generasi milenial. Baik itu dalam mengolah dan menguji data dengan dasar-dasar Jurnalistik," kata deklarator JPC, Ronal Siagian melalui keterangan tertulis, Minggu (12/12/2021).

1. Pelatihan agar pelajar mau lakukan uji informasi

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Jurnalistik JPCUnsplash.com/Elijah O'Donnell

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari deklarasi JPC. Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi'raj, Asisten Daerah I Setda Kota Cilegon Tatang Muftadi, dan Kapolsek Purwakarta Iptu Atep Mulyana.

"Dengan bekal pelatihan jurnalistik, minat pelajar dan mahasiswa untuk menguji informasi semakin tinggi di kalangan anak muda," kata dia. 

2. Ilmu kehumasan sangat dibutuhkan

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Jurnalistik JPCIDN Times/Sukma Shakti

Ketua JPC, Gillang Mubarok menambahkan, pelatihan jurnalistik ini diharapkan menambah minat generasi muda untuk terjun ke dunia jurnalis maupun SDM yang terampil dalam publikasi kegiatan. 

"Di era perkembangan teknologi saat ini, peran kehumasan sangat dibutuhkan sebagai instansi pemerintah, swasta dan organisasi," ungkapnya. 

3. Jurnalis harus tetap independen

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Jurnalistik JPCIlustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi'raj yang hadir dan membuka kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan JPC. Ia juga mendorong keberadaan jurnalis agar tetap independen. 

"Kami juga bersepakat memerangi hoaks, jangan sampai ada informasi hoaks yang meresahkan masyarakat. Di sini lah fungsi media dan jurnalis memberikan informasi yang akurat dan berimbang," kata Isro.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mall di Cilegon yang Lengkap

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya