Comscore Tracker

Resah Jalanan Rusak, Warga Kota Tangerang Gelar Demo

Jalan rusak itu disebut kerap bikin pengendara celaka

Kota Tangerang, IDN Times - Jalan Garuda dan Ir Juanda di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang rusak parah, bikin masyarakat geram. Apalagi kondisi jalan yang banyak lubang ini belum ditangani oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sejak tahun 2020.

Warga sekitar yang geram itu pun berdemo. Mereka menuntut Pemkot Tangerang segera memperbaiki jalan tersebut. Aksi ini berlangsung di Jalan Garuda, Senin (21/3/2022).

"Protes kita ini tentang perbaikan jalan yang ada di Jalan Juanda dan Jalan Garuda, yang sejauh ini tidak diperbaiki," ujar salah satu warga usai unjuk rasa, Elvin kepada wartawan.

Padahal, menurut Elvin, warga sudah protes sejak dua tahun lalu.

1. Jalan rusak kerap picu kecelakaan

Resah Jalanan Rusak, Warga Kota Tangerang Gelar DemoIlustrasi (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dia mengatakan kondisi jalan tersebut telah bikin warga resah. Terlebih kecelakaan kerap kali terjadi akibat jalan rusak ini.

"Ada korban jatuh, hari ini saja saat kita aksi ada yang jatuh, sehingga saya pikir persoalan jalan rusak ini akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengendara," jelasnya.

2. Perwakilan warga bahkan sudah diskusi dengan DPRD Tangerang

Resah Jalanan Rusak, Warga Kota Tangerang Gelar DemoIlustrasi DPRD Kota Tangerang (Facebook: DPRD Kota Tangerang)

Elvin mengatakan, para warga telah melakukan upaya diskusi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang. Namun demikian tidak ada respons yang memuaskan.

"Responsnya justru gimana ya bingung kita. Kemarin sempat dibangun, cuma tidak jadi dibangun karena alasannya Jalan Juanda itu milik Angkasa Pura 2," tuturnya.

3. Pemda harusnya ambil alih untuk perbaikan

Resah Jalanan Rusak, Warga Kota Tangerang Gelar DemoArief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Kata Elvin merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 34 tahun 2006 pemerintah daerah dapat mengambil alih jalan khusus. Tinggal bagaimana koordinasi antara pemilik aset jalan dengan pemerintah daerah.

"Tinggal bagaimana kesepakatan nya dihibahkan atau seperti apa sehingga ini bisa untuk kemaslahatan masyarakat umum," katanya.

"Kalaupun itu tidak bisa, harapan kita Jalan Juanda itu ditutup aja. Sehingga dibuat rekayasa jalan agar tidak lewat jalan juanda, sehingga keselamatan terjamin," tambah Elvin.

Baca Juga: Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Kota Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya