Comscore Tracker

Siklon Tropis Paddy Sebabkan Banjir dan Longsor di Lebak

Puluhan rumah terdampak dan akses jalan desa terputus

Lebak, IDN Times - Fenomena Siklon Tropis Paddy yang melanda wilayah Kabupaten Lebak mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir dan rusak akibat hujan lebat dan angin kencang dari Selasa (23/11/2021) kemarin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak merilis, bencana akibat cuaca buruk dampak dari Siklon Tropis Paddy terjadi di 8 kecamatan. Sebanyak 35 unit rumah terendam banjir dan 6 rumah rusak akibat longsor dan pohon tumbang.

Baca Juga: Fenomena Ini yang Sebabkan Angin Kencang di Tangerang

1. Longsor memutus akses jalan poros desa

Siklon Tropis Paddy Sebabkan Banjir dan Longsor di LebakBanjir bandang di Lebak pafa awal 2020 lalu (IDN Times/Khaerul Anwar)

Longsor juga menutup badan jalan ruas Warungbanten-Cibeber dan memutus jalan poros desa yang menjadi akses menuju SD Negeri I Kujangsari.

“Banjir, longsor dan angin puting beliung yang mengakibatkan puluhan rumah terendam dan rusak, serta ruas jalan tertutup longsor terjadi di 8 kecamatan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama, Rabu (24/11/2021).

2. Warga pesisir diminta waspadai gelombang laut

Siklon Tropis Paddy Sebabkan Banjir dan Longsor di LebakBangkrak penangkap benur (IDN Times/Athif Aiman dan Aldila Muharma)

Pihaknya terus memantau kondisi cuaca terutama pergerakan Siklon Tropis Paddy yang diupdate oleh BMKG. Febby mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai untuk waspada, terutama jika terjadi gelombang tinggi. Warga, kata dia, sebaiknya menghentikan aktivitas jika ada gelombang tinggi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Balawista untuk terus mengingatkan para pengunjung pantai agar tetap berhati-hati,” katanya.

3. Fenomena alam ini yang jadi sebab angin kencang

Siklon Tropis Paddy Sebabkan Banjir dan Longsor di LebakIlustrasi Angin Topan (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, angin kencang yang terjadi di wilayah Tangerang merupakan akibat dari fenomena Siklon Tropis Paddy.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan fenomena sudah diprediksi oleh BMKG.

"Sesuai dengan prakiraan cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG untuk wilayah Jakarta pada tanggal 23 November 2021 pukul 07.00 WIB dan di-update pada pukul 17.00 WIB, telah terjadi fenomena angin kencang di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada hari Selasa 23 November 2021 petang hingga malam," kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: 2 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang  di Kota Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya