Tidak Ada Hasil UN, Ini Syarat Pendaftaran PPDB Tangsel 2020!

PPDB TK, SD, dan SMP di Tangsel digelar Juni sampai Juli

Tangerang Selatan, IDN Times - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Tangerang Selatan akan segera dimulai pada Juni 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, syarat untuk pendaftaran kali ini, tak lagi mengacu pada hasil ujian nasional (UN).

Sebab, seperti diketahui bahwa UN telah ditiadakan semenjak adanya penyebaran COVID-19. 

Baca Juga: Cerita Siswa di Pelosok Banten, Susah Sinyal Hingga Pinjam Smartphone

1. Ini syarat daftar PPDB jalur zonasi

Tidak Ada Hasil UN, Ini Syarat Pendaftaran PPDB Tangsel 2020!Kepala Dinas Pendidikan Tangsel, Taryono(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel Taryono menjelaskan, syarat pendaftaran PPDB tahun ajaran 2020/2021 bagi calon siswa berbeda pada tiap jalurnya.

"Untuk jalur zonasi, syaratnya hanya KTK (kartu tanda kelulusan) dan KK (kartu keluarga), tidak ada (penyerahan) nilai," kata Taryono saat dikonfirmasi, Rabu (13/5).

2. Ini syarat jalur perpindahan orangtua

Tidak Ada Hasil UN, Ini Syarat Pendaftaran PPDB Tangsel 2020!IDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu untuk jalur perpindahan, orangtua calon siswa harus menyerahkan surat keterangan pindah tugas.

"Jalur afirmasi, syaratnya hanya KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau PKH (Program Keluarga Harapan). Sedangkan, jalur prestasi, syaratnya hanya dengan nilai rapor sampai semester 5," tuturnya. 

3. Ini jadwal pendaftarannya

Tidak Ada Hasil UN, Ini Syarat Pendaftaran PPDB Tangsel 2020!Ilustrasi pendaftaran PPDB (Istimewa)

Nantinya, PPDB tahun ajaran 2020/2021 untuk tingkat TK,SD, dan SMP, akan diberlakukan secara jarak jauh, atau daring (online).  Untuk tingkat TK, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 8 hingga 13 Juni 2020. Sedangkan untuk pendaftaran SD Negeri, akan dibuka pada 8-20 Juni 2020.

Adapun untuk SMP Negeri, pendaftaran akan dibuka pada 16-20 Juni 2020. Sedangkan untuk pengumuman penerimaannya, yakni pada 26 Juni 2020.

"Jika untuk jalur prestasi akademik nilai rapor dan prestasi hasil lomba itu pendaftaran 30 Juni-2 Juli 2020 dan pengumumannya 6 Juli 2020," jelasnya. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya