Comscore Tracker

TPU Jombang Makamkan 40 Jenazah COVID-19 per Hari

5 hari di bulan Juli, sudah 202 jenazah pasien COVID-19

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepala Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) Tabroni menyebut, rata-rata jumlah pemakaman protokol COVID-19 telah mencapai 40 jenazah per hari. Data ini utamanya terjadi memasuki Juli 2021. 

Berdasarkan data Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, jumlah pemakaman COVID-19 di TPU Jombang dari tanggal 1 hingga 5 Juli 2021 sudah mencapai 202 jenazah.

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

1. Petak makam TPU Jombang hampir habis

TPU Jombang Makamkan 40 Jenazah COVID-19 per HariTPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Tabroni merinci pada Senin (5/7/2021) ada 43 jenazah yang dimakamkan. Adapun sampai pukul 14.40 Selasa (6/7/2021) jumlah jenazah COVID-19 yang dimakamkan 18 jenazah.

Pihaknya, lanjut Tabroni, juga telah menambah alat berat untuk mengeruk petak makam jenazah COVID-19.

Dia menyebut, kondisi TPU khusus COVID-19 itu sendiri sudah hampir kehabisan lahan. "Ini sementara kurang lebih ada sekitar 100 jenazah kita bisa tampung. Dua hari lagi," ujarnya.

2. Pemkot Tangsel sediakan lahan baru

TPU Jombang Makamkan 40 Jenazah COVID-19 per HariIlustrasi keluarga salah satu pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (19/6/2020). IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Meski begitu, pihaknya memastikan bahwa masih tersedia lahan blok baru yang akan disediakan Pemkot Tangsel di sekitar TPU Tangsel.

"Kita sudah periksa sama kadis kemarin. Di sana daya tampung 2.000," kata dia. 

3. Tangsel kehabisan stok kantong dan peti jenazah

TPU Jombang Makamkan 40 Jenazah COVID-19 per HariPelanggar protokol kesehatan dihukum dengan masuk peti mati (ANTARA/Andi Firdaus)

Sebelumnya, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Tangsel kehabisan stok kantong dan peti jenazah. Habisnya stok kebutuhan pemulasaran tersebut lantaran tingginya angka kematian akibat COVID-19. 

"Iya sekarang lagi kosong (peti dan kantong jenazah)," kata Kepala Seksie Pemakaman Disperkimta Tangsel Nazmudin saat saat dikonfirmasi, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Tangsel Kehabisan Stok Kantong dan Peti Jenazah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya