Viral! Air Kali Mookervart Kota Tangerang Berwarna Merah

DLH belum temukan bukti limbah warna merah

Kota Tangerang, IDN Times - Kali Mookervart yang merupakan aliran cabang Sungai Cisadane di Kota Tangerang diduga tercemar limbah berwarna merah pekat. Video yang merekam merahnya air kali itu pun viral. 

Limbah tersebut diduga mulai mencemari aliran Kali Mookervart sejak Rabu hingga hari ini (17/6/ 2021). Aktivis lingkungan dari Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Ade Yunus menyebut, pihaknya sudah menerima laporan dari warga.

Laporan itu kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan ke lokasi, tepatnya di bawah Jembatan Merah Poris, Kecamatan Batuceper. Dalam hasil penelusuran itu, Ade bertemu salah satu warga warga RT 01 RW 01 Poris Gaga Baru bernama Jamaludin.

Baca Juga: Longsor Tutup Aliran Kali, 30 Rumah di Tangsel Kebanjiran

1. Limbah terlihat dari Rabu malam hingga Kamis pagi

Viral! Air Kali Mookervart Kota Tangerang Berwarna MerahKali Mookervart (Dok. Banksasuci)

Banksasuci menerima laporan bahwa air pekat berwarna merah terlihat sejak pagi hari pada Rabu (16/6/2021) hingga malam hari. Sedangkan pada pagi hari ini Kamis (17/6/2021) aliran air menjadi pekat hitam.

"Sumber pencemaran diduga dari aliran yang bersumber dari salah satu industri di Jalan Pembangunan 1," ujar Ade saat dimintai keterangannya.

2. Ade sebut DLH sudah ambil sampel air

Viral! Air Kali Mookervart Kota Tangerang Berwarna MerahIlustrasi limbah domestik masuk ke sungai. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ade menyebutkan, tim dari Dinas Lingkungan Hidup telah mengambil sampel air untuk dilakukan pemeriksaan. Selain itu, kata Ade, pihaknya meminta Dinas LH untuk segera menindaklanjuti dan menindak tegas perusahaan yang lalai dan membuang limbahnya ke sungai.

"Industri yang sengaja membuang limbah tanpa diolah ke sungai sudah masuk tindakan pidana. Bahkan, bisa dianggap kejahatan luar biasa karena mencemari lingkungan," kata Ade.

Baca Juga: Bupati Tangerang Resmikan Waste Trap Banksasuci Sungai Cirarab 

3. DLH belum temukan bukti air limbah berwarna merah

Viral! Air Kali Mookervart Kota Tangerang Berwarna MerahIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Tihar Sofyan saat dikonfirmasi mengakui pihaknya menerima laporan perihal tersebut. Namun saat dilakukan penelusuran belum ketemukan bukti air berwarna merah seperti yang viral di kalangan masyarakat.

"Saya dari pagi melakukan penelusuran. Dari pagi sampai sore ini tidak ditemukan yang berwarna merah tadi itu di Poris Gaga. Infonya kemarin (tapi) ya dimana dan jam berapa itu?" kata Tihar, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan, Pemkab Tangerang Tambah Bed Pasien COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya