Viral Pelajar Tangsel Jalan Kaki Belasan Km ke Sekolah

Viky akhirnya dapat bantuan sepeda dari Wakil Wali Kota 

Tangerang Selatan, IDN Times - Kisah seorang pelajar di Tangerang Selatan bernama Viky viral karena dia berjalan hingga 12 kilometer (km) untuk ke sekolahnya. Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan pun memberi bantuan kepada Viky berupa sepeda.

"Alhamdulillah kondisi Viky sehat, dan saya juga bertemu dan berbincang dengan orang tuanya di rumahnya, dan ada rejeki buat Viky, sepeda yang bisa dimanfaatkan," kata Pilar, dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Viky merupakan seorang pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang viral lantaran harus menempuh perjalanan sejauh belasan kilometer pulang dan pergi dari Ciputat, Tangsel dengan berjalan kaki untuk bersekolah di wilayah Bojongsari, Depok.

Baca Juga: Mahasiswa di Tangsel: Mending Ngetweet Ketimbang Demo

1. Viky warga Ciputat bersekolah di Bojongsari Depok

Viral Pelajar Tangsel Jalan Kaki Belasan Km ke Sekolahilustrasi anak SMA (dok. Zenius)

Remaja yang mengaku bertempat tinggal di belakang Tip Top Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) itu telah menjalani rutinitasnya ini selama dua tahun. Viky bersekolah sangat jauh, padahal di lokasi rumahnya terdapat banyak sekolah SMA.

"Tadi saya tanyakan, alasannya sangat pribadi sekali. Ia harus pindah dari salah satu sekolah swasta di Ciputat ke SMA yang cukup jauh jaraknya," kata Pilar.

2. Pilar akan berkomunikasi dengan Dindik Banten

Viral Pelajar Tangsel Jalan Kaki Belasan Km ke SekolahIDN Times/Khaerul Anwar

Pilar mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi ke Dinas Pendidikan Provinsi Banten apabila Viky bersedia dipindahkan ke SMA yang berada tidak terlalu jauh dari rumahnya.

"Kami juga telah berpikir untuk memohon ke Dinas Pendidikan Provinsi Banten, karena sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan di tingkat SMA dan sederajat, agar Viky dapat dipindahkan. Ternyata ia baru selesai ujian akhir dan sebentar lagi akan lulus SMA," kata dia.

3. Viky ditawari beasiswa S1

Viral Pelajar Tangsel Jalan Kaki Belasan Km ke Sekolahilustrasi sarjana (Freepik.com/freepik)

Pilar mengaku, pihaknya juga menawarkan program beasiswa perguruan tinggi S1 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel agar Viky bisa melanjutkan pendidikannya.

"Alhamdulillah Viky senang sekali menerima tawaran tersebut dan bertekad untuk menyelesaikan pendidikan sampai selesai dengan hasil yang baik, sambil bekerja untuk bisa membantu ayahnya yang saat ini sedang sakit," ucapnya.

Baca Juga: Ayah dan Anak Hilang Terseret Aliran Got di Pondok Cabe Tangsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya