Comscore Tracker

Walkot Cilegon Keluarkan Imbauan Kesiapan Potensi Tsunami Akhir Tahun

Kesiapan hingga tingkat kelurahan diperiksa

Cilegon, IDN Times - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh steakholder seperti industri, kelurahan dan kecamatan, seluruh OPD di Kota Cilegon, juga masyarakat, terkait potensi bencana atau situasi terburuk di Kota Cilegon.

“Intinya kita sudah bikin surat mengintruksikan kepada Kelurahan dan Kecamatan sampai dengan seluruh OPD, dan Industri,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Kamis (2/12/2021).

Imbauan kesiapsiagaan ini dikeluarkan setelah adanya potensi tsunami di kawasan Cilegon, Banten, saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Baca Juga: BMKG: Ada Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon Banten saat Libur Nataru

1. Kesiapan hingga tingkat kelurahan harus dicek

Walkot Cilegon Keluarkan Imbauan Kesiapan Potensi Tsunami Akhir TahunBasarnas Makassar dalam apel siaga pengamanan nataru di Makassar, Rabu (18/12) / Istimewa

Selain memberikan surat kepada jajarannya, Helldy Agustian juga menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon untuk mengecek industri dan persiapan di kelurahan dan kecamatan se-Kota Cilegon.

“Rencananya nanti akan rapat dengan industri terkait hal tersebut. Namun belum ditentukan waktunya,” kata dia.

2. Masyarakat diimbau tak liburan akhir tahun ini

Walkot Cilegon Keluarkan Imbauan Kesiapan Potensi Tsunami Akhir TahunSejumlah wisatawan memanfaatkan waktu usai berlebaran dengan rekreasi di Pantai Sambolo Anyer, Serang (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati laut dan tidak melakukan liburan di bulan Desember ini. Pasalnya cuaca saat ini sedang tidak menentu.

“Selain itu sudah kita instruksikan juga kepada masyarakat kota Cilegon, kita mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari laut, tidak liburan terlebih dahulu,” ujarnya.

3. BMKG: ada potensi tsunami 8 meter di Cilegon saat libur Natal dan tahun baru

Walkot Cilegon Keluarkan Imbauan Kesiapan Potensi Tsunami Akhir TahunIlustrasi Natal. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengungkapkan ada potensi tsunami di kawasan Cilegon, Banten, saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Selain itu kami juga memberikan informasi mengenai gempa dan tsunami. Seperti contohnya kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon, Banten," kata Dwikorita saat rapat bersama Komisi V DPR membahas kesiapan pemerintah mengantisipasi kesiapan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2022, dilihat di YouTube Komisi V DPR RI Channel, Rabu (1/12/2021).

"Itu juga tepat wisata di Selat Sunda, dapat berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter," sambung dia.

Namun Dwikorita tak merinci, apakah wilayah lain juga berpotensi tsunami atau tidak.

Baca Juga: Eks Kadis Diduga Minta Jatah untuk 5 Izin Parkiran Lain di Cilegon

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya