Comscore Tracker

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah Longsor TPA Cipeucang 

Dewi Lestari: BSD Serpong "rasa Bantargebang"

Tangerang Selatan, IDN Times - Tumpahan sampah di Sungai Cisadane akibat jebolnya sheet pile Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan berbuntut panjang. Tidak saja mencemari kondisi air, sampah ini mengeluarkan bau di sekitar kawasan Serpong.

Seperti diunggah penulis dan dan penyanyi Dewi Lestari dalam akun Twitter @deelestari, yang merasakan langsung, aroma tak sedap sampah yang dihasilkan di TPA Cipuecang dari jendela rumahnya.

"Bencana sampah di TPA Cipeucang. Hari ini BSD rasa Bantarbebang. Buka jendela langsung mabok. I can't even begin to imagine how the river's is now," tulis Dee Lestari dalam akun twitterny sambil mengunggah foto kondisi TPA Cipeucang, Selasa (2/6).

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah Longsor TPA Cipeucang Twitter/deelestari

1. Ini kata DLH Tangsel

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah Longsor TPA Cipeucang IDN Times/Muhamad Iqbal

Cuitanya itu, juga langsung mendapat respons dari sejumlah pengikut diakunnya tersebut, dengan jumlah 611 retweet, 748 suka dan ratusan komentar sampai pukul 12.00 siang ini. 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Yepi Suherman mengakui adanya peningkatan aroma tak sedap dari TPA Cipeucang dalam beberapa hari ini. 

Mencuatnya aroma busuk dari TPA Cipeucang ini, diakuinya akibat proses penyemprotan cairan pengurai sampah dan bau sampah yang dilakukan pihak ketiga. 

"Memang benar, itu dari proses penyemprotan cairan penghilang bau dan pengurai sampah. Karena itu bukan cairan kimia, itu dari mikrobiologi yang bisa mengurai sampah organik," kata Yepi, Selasa (2/6).

2. DLH Tangsel akui banyak terima aduan masyarakat

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah Longsor TPA Cipeucang IDN Times/Muhamad Iqbal

Dia juga mengaku telah banyak menerima aduan masyarakat, terkait bau menyengat dari aroma busuk yang disebabkan penyemprotan cairan pengurai sampah tersebut.

"Hasilnya sudah kelihatan sebenarnya untuk sampah-sampah organik. Dan yang di kali Cisadane juga dia akan bercampur sehingga tidak mencemari. Tapi cairan itu sendiri bau masam, makanya kita minta ke pihak ke tiga untuk diganti aromanya, atau dipadukan dengan cairan penghilang bau punya kami," ucap Yepi.

3. Sheet Pile TPA Cipeucang jebol, gunung sampah masuk sungai Cisadane

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah Longsor TPA Cipeucang IDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya diberitakan, sampah di TPA Cipeucang longsor dan hampir menutupi seluruh badan Kali Cisadane. Longsorang sampah dari TPA itu, disebabkan patahan sheetpile dinding penahan sampah yang memagari area TPA.

Baca Juga: Gunungan Sampah di TPA Cipeucang Tangsel Longsor, Masuk Kali Cisadane

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya