Comscore Tracker

Formasi Hukum CPNS 2019 di Tangerang Sepi Peminat

Pemkab Tangerang terima 10.538 pelamar CPNS

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menerima 10.538 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2019. Dari jumlah tersebut formasi tenaga teknis, kesehatan dan guru masih mendominasi.

Kendati demikian ada satu formasi yang sampai saat ini masih kosong dari pelamar, yakni formasi hukum. Padahal Pemkab Tangerang sengaja memperpanjang pendaftaran CPNS dari yang seharusnya ditutup pada Senin (11/11) menjadi Rabu (25/11).

1. Kepala BKPSDM tidak tahu alasan formasi hukum sepi peminat

Formasi Hukum CPNS 2019 di Tangerang Sepi PeminatIdntimes.com

Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Hendar Hermawan, mengatakan dirinya belum mengetahui persis kenapa formasi tersebut tidak diminati oleh pelamar.

"Karena saya juga baru menjabat sebagai Kepala BKPSDM per hari ini. Saya juga masih konsen di penyelenggaraan Pilkades di Kecamatan Cikupa," ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Senin (25/11).

2. Meski diperpanjang formasi hukum tetap sepi

Formasi Hukum CPNS 2019 di Tangerang Sepi Peminat(Ilustrasi) IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu Kasubid Formasi Pengadaan dan Penataan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Juhri Saputra, menjelaskan dari jumlah 10.538 pelamar yang sudah masuk, formasi guru ada 3.388 pelamar, tenaga kesehatan 2.190 dan tenaga teknis 4.960 pelamar.

"Dan ini pun masih di verifikasi faktual oleh para verifikator seleksi penerimaan CPNS Pmkab Tangerang 2019, kita masih terus update. Pelamar ini masih terus masuk sampai batas akhir 27 November mendatang Pukul 15.00 WIB," ujarnya.

3. Perpanjangan masa pendaftaran diklaim sudah melalui izin pemerintah pusat

Formasi Hukum CPNS 2019 di Tangerang Sepi PeminatIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Juhri, seharusnya batas penerimaan pelamar CPNS jatuh pada tanggal 11 November kemarin, akan tetapi Pemkab Tangerang mengajukan surat perpanjangan masa pendaftaran CPNS ke pemerintah pusat. Semua prosedur tersebut diakuinya sudah dilakukan Pemkab Tangerang dan sudah mendapatkan persetujuan dari tim Panselnas.

"Dan setelah itu si pelamar sudah tidak bisa lagi mengakses SSCASN sscasn untuk melamar khusus Kabupaten Tangerang dan juga untuk kab/ kota yang menetapkan masa pendaftarannya itu sama dengan Pemkab Tangerang," katanya.

4. Formasi tenaga teknis, pendidikan dan kesehatan masih mendominasi

Formasi Hukum CPNS 2019 di Tangerang Sepi PeminatIDN Times/Larasati Rey

Juhri menambahkan, berbagai formasi yang disiapkan tidak selalu ramai peminat, tetapi ada formasi yang sepi peminat dan salah satunya adalah formasi hukum. Hal itu berbanding terbalik dengan formasi lainnya yang banyak peminat dan ia belum mengetahui kenapa formasi hukum sepi peminat.

"Yang mendominasi pelamar ini banyaknya di pendidikan 693 guru bahasa inggris dan guru agama islam 687 pelamar yang sudah masuk. Ada 817 itu bidan (formasi kesehatan) dan untuk tenaga teknisnya didominasi oleh formasi perangkat komputer 528 dan Penera 582 pelamar," ucap Juhri.

Baca Juga: Pendaftar Membludak Pemkot Solo Tak Perpanjang Pendaftaran CPNS 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You