Banten Internasional Stadium Bakal jadi Home Base Klub Raffi Ahmad

Dewa United pun nyatakan minat

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim mengklaim ada dua klub Liga 2 yang lolos promosi ke Liga 1 telah menyatakan minat menjadikan Banten Internasional Stadium (BIS) sebagai kandang klub atau home base.

“Dua klub, Rans Cilegon FC dan Dewa United, sudah nyatakan minat,” kata Wahdin melalui pers rilis, Sabtu (1/12/2021).

1. Pembangunan sudah mencapai 89 persen

Banten Internasional Stadium Bakal jadi Home Base Klub Raffi AhmadDok. Istimewa/Pemprov

Disampaikan Wahidin, saat ini progres pembangunan Banten Internasinal Stadium (BIS) sudah mencapai 89 persen lebih. Pihaknya menjamin pembangunan akan rampung awal tahun 2022.

"Semoga bulan Maret 2022 sudah mencapai 100 persen," katanya.

Baca Juga: Mantap! RANS Cilegon FC dan Persis Borong Penghargaan Liga 2 2021

2. Dua klub tersebut telah cek kondisi stadion

Banten Internasional Stadium Bakal jadi Home Base Klub Raffi AhmadAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Mantan Wali Kota Tangerang itu menuturkan, manajemen kedua klub sudah meninjau dan pembicaraan awal untuk menjalin kerja sama terkait stadion bertaraf Internasional yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Banten tersebut.

"Raffi Ahmad juga sudah bicarakan soal ini. Kita lihat ke depannya nanti," ungkapnya.

3. BIS dibangun di atas lahan 60 hektar

Banten Internasional Stadium Bakal jadi Home Base Klub Raffi AhmadIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Untuk diketahui, pembangunan Banten International Stadium di Kawasan Sport Center Provinsi Banten ini melibatkan 800 orang pekerja dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Setiap karyawan yang masuk dilakukan skrining.

Stadion yang dibangun dengan nilai kontrak Rp 874 miliar itu memiliki luas bangunan 78.116 meter persegi dan terdiri dari lima lantai. Dibangun di atas lahan seluas 60 hektar, stadion ini bakal dilengkapi dengan venue-venue olahraga lainnya.

BIS yang dibangun di Kelurahan Kemanisan  Kecamatan Curug Kota Serang itu dibangun dengan standar Federation Internationale de Football Association (FIFA). Lapangan bola menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella yang diimpor dari Italia, jenis rumput lapangan sepak bola yang menjadi standar FIFA.

Baca Juga: Pulau Umang, Salah Satu Destinasi Terbaik Banten

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya